Pemkab Boltim Terbaik Kedua di Sulawesi Utara, Dalam Penilaian SPI KPK

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menjadi terbaik kedua se Sulawesi Utara (Sulut), yang mencapai target tercepat pengisian Survei Penilaian Integritas (SPI) KPK tahun 2023 dari Responden Ahli (Eksper) dengan prosentase jumlah responden yang sudah mengisi survei setelah menerima whatsapp blast maupun emai blast sebesar 100%.

SPI KPK tahun 2023 sendiri telah dilaunching pada bulan Juli 2023 dan akan berakhir pada tgl 31 Oktober Tahun 2023, dimana untuk mensukseskan pelaksanaan SPI KPK di Bolaang Mongondow Timur, Bupati Bpk Sam Sachrul Mamonto, S.Sos.,M.Si telah mengeluarkan Surat Edaran kepada ASN dan pihak eksternal terkait pelaksanaan Survei Penilaian Integritas KPK.

Surat Edaran tersebut merupakan himbauan sekaligus penegasan dari Bupati tentang pengisian survei bagi responden baik internal maupun eksternal agar segera melakukan pengisian jika mendapat pesan melalui aplikasi whatsapp maupun email.

SPI hadir untuk memotret integritas sebuah lembaga pemerintah melalui tiga sumber yaitu, pegawai sebagai internal, publik yang pernah mengakses layanan (eksternal) dan dari kalangan ahli (eksper).

Survei penilaian internal menyangkut tujuh dimensi, yaitu transparansi, integritas dalam pelaksanaan tugas, perdagangan pengaruh (trading in influence), pengelolaan anggaran, pengelolaan pengadaan barang dan jasa, pengelolaan SDM, dan sosialisasi antikorupsi.

Penilaian eksternal meliputi transparansi dan keadilan layanan, upaya pencegahan korupsi, dan integritas pegawai.

Meskipun target pengisian survei pada Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur telah mencapai 100% dari responden ahli, namun Bupati Sam Sachrul Mamonto, S.Sos.,M.Si menghimbau agar seluruh responden baik internal maupun eksternal agar dapat melakukan pengisian survei apabila telah menerima link pengisisan survei yang dikirim ke nomor whatsapp maupun email.

Selanjutnya Bupati menyatakan apresiasi bagi responden yang telah melakukan pengisian survei sampai dengan saat ini, sehingga Pemkab Boltim bisa mencapai target tercepat kedua Se Sulawesi Utara.

Pada kesempatan lain, Inspektur Daerah Inspektorat Bolaang Mongondow Timur Ade Herly Mokoginta, SH menyampaikan atas capaian saat ini diharapakan dapat memperoleh indeks SPI yg lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Hasil survei berbentuk angka, yang menunjukkan level integritas instansi, dengan skala 1 hingga 100, semakin tinggi angka integritas sebuah instansi, maka sistem yang berjalan untuk mendeteksi risiko korupsi dan menangani ketika terjadi tindak pidana korupsi di Kementerian/Lembaga/Pemda tersebut, juga semakin baik” Kata Mokoginta

 

Reporter Agung Mokodompit.

Komentar