Pemdes Bai Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat

BOGANINEWS , BOLTIM – Pemerintah Desa Bai Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim ), ikuti Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat yang di selenggarakan oleh Pemda Boltim lewat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bertempat di Hotel The Sentra Minahasa Utara Pada Jum’at (11/08/2023).

Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Lembaga Adat di ikuti oleh Desa Se-Kabupaten Boltim.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S. Sos M.Si yang juga sebagai pemateri mengatakan Adat adalah gagasasan kebudayaan yang mengatur tingkah laku setiap manusia.

“Kalau kita bicara tentang budaya atau kearifan lokal, seperti kita ketahui adat adalah gagasan kebudayaan terdiri dari nilai nilai hukum kebiasaan, norma dan hukum adat yang mengatur tingkah laku manusia antara satu sama lain yang sangat lazim dilakukan dalam satu kelompok masyarakat adat yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang kita” Kata Bupati

Lanjutnya, Pemerintah nantinya akan memikirkan Kesejahteraan lembaga Adat di Boltim.

“Nah tentu budaya atau lembaga adat yang menganut budaya kental Bolaang Mongondow , di Boltim ini entah kita sepemahaman atau tidak kalau lembaga adat sekarang ini seperti Hidup segan matipun tak mau, kenapa? Karena tugas lembaga adat berat tapi gajinya kecil dengan berkembangnya sebuah Daerah tentu Pemerintah juga wajib memikirkan kesejahteraan lembaga adat walaupun belum sekarang tapi nanti” Pungkasnya

Senada yang dikatakan Sangadi Desa Bai Meity Paputungan di dampingi Sekdes Riski Mamonto, mengatakan pemdes telah mengutus sejumlah lembaga adat di desanya untuk mengikuti Bimtek ini selama dua hari.

“Kami pemdes langsung mendampingi para lembaga Adat di desa kami untuk mengikuti Bimtek ini. Bimtek ini perlu di ikuti dan di pahami oleh setiap peserta lembaga adat, agar kita ketahui adat adalah gagasan kebudayaan terdiri dari nilai nilai hukum kebiasaan, norma dan hukum adat yang mengatur tingkah laku manusia antara satu sama lain yang sangat lazim dilakukan dalam satu kelompok masyarakat adat yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang kita,” jelas Sangadi dan Sekdes.

Turut Hadir Para Asisten Bupati, Anggota DPRD Boltim, Budayawan Bolmong serta seluruh Camat, dan lembaga adat SE Kabupaten Boltim.

 

Reporter Agung Mokodompit.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar