Walikota Kotamobagu Ajak Semua Lapisan Masyarakat Untuk Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Degan Berbagai Lomba Tradisional

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Bentuk kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj. Tatong Bara, mengajak seluruh lurah dan sangadi se-Kota Kotamobagu untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 dengan semangat dan kebersamaan, dan perlu dimeriahkan dengan penuh sukacita oleh seluruh masyarakat Kotamobagu, tanpa terkecuali.

Menurut Walikota di momen bersejarah tersebut, berinsiatif ada kegiatan lomba yang akan digelar di setiap desa dan kelurahan.

“Menjelang perayaan 17 Agustus, bahwa momentum hari kemerdekaan harus dimeriahkan dengan penuh sukacita oleh seluruh masyarakat Kotamobagu, tanpa terkecuali,” pintanya.

Walikota mengatakan ini bertujuan agar semangat kemerdekaan dan patriotisme bangsa Indonesia khususnya di Kotamobagu dapat tercermin dengan gemilang dalam kegiatan di desa-desa dan kelurahan.

“Dengan berbagai kegiatan mulai dari pemasangan bendera, kegiatan kebersihan, hingga berbagai kegiatan kemasyarakatan, kita ingin merayakan 17 Agustus ini dengan semarak dan keakraban,” ujar Wali Kota Tatong Bara, di setiap pertemuan agenda Pemkot.

Wali Kota juga menegaskan bahwa kegiatan-kegiatan yang akan diadakan tidak perlu mahal dan kompleks. Sebaliknya, kegiatan tersebut bisa berfokus pada perlombaan tradisional yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Contohnya, adalah lomba lari kelereng dan permainan tradisional lainnya yang ramai dan mengundang semangat kebersamaan dari para pesertanya dan masyarakat yang menonton.

“Perlombaan tradisional seperti lari kelereng merupakan salah satu contoh kegiatan yang tidak memerlukan biaya tinggi, namun mampu menciptakan energi positif dan semangat juang bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota juga mengatakan bahwa pada perayaan 17 Agustus tahun ini, lapangan yang biasa digunakan untuk upacara belum bisa digunakan. Hal ini menuntut kreativitas dan kerjasama dari seluruh kelurahan, terutama Kelurahan Motoboi Kecil yang menjadi tuan rumah upacara perayaan kemerdekaan.

“Kami berharap Kelurahan Motoboi Kecil dapat memberikan penampilan kampung atau kelurahan yang prima dalam pelaksanaan upacara nanti,” kata Wali Kota Tatong.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus nanti di Kotamobagu diharapkan menjadi momen yang tak terlupakan dan meninggalkan kesan positif bagi seluruh warga. Semangat kebersamaan dan persatuan akan semakin kuat melalui berbagai lomba dan kegiatan yang diadakan di setiap desa dan kelurahan,” ucap Tatong Bara.

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar