Kotamobagu Masuk 50 Daerah yang Lolos Seleksi Program GMSC se-Indonesia

BOGANINEWS KOTAMOBAGU – Luar biasa Daerah Kota Kotamobagu termasuk 50 di antara kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil lolos seleksi sebagai peserta program GMSC Tahun 2023 dari pemerintah pusat lewat Kementerian Kominfo.

Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara waktu membuka kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Tahap I Penyusunan Master Plan Smart City Kota Kotamobagu kemarin, mengatakan tindak lanjut dari penandatan(MoU) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika kemenkominfo waktu lalu.

“Ia penilaiannya dilakukan melalui assessment yang cukup ketat dan terstruktur. Mulai dari pengisian kuisioner berbagai indikator kota cerdas, penyampaian bahan presentasi pengembangan smart city di daerah, penyiapan dokumen pendukung yang dapat dibuktikan, hingga pada tahap verifikasi dan wawancara,” ujar Tatong pekan lalu.

Tak lupa pula Walikota Kotamobagu, mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat, dalam hal ini kemenkominfo yang telah melaksankan kegiatan ini di Kota Kotamobagu.

“Jadi Master Plan smart city atau rencana induk kota cerdas, adalah dokumen perencanaan pembangunan dan pengembangan kota cerdas berisi inisiatif-inisiatif program beserta peta jalan, yang disusun berdasarkan permasalahan yang muncul untuk memberikan solusi secara umum.

Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan perekonomian masyarakat, meningkatkan keberlangsungan lingkungan hidup dengan pendekatan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, pemberdayaan potensi daerah serta pendekatan pemberdayaan sumber daya manusia yang berkesinambungan,” jelasnya

Sementara itu, Kepala Dinas kominfo Kotamobagu, Fahri Damopolii dalam laporan menyebut, bimtek tahap I penyusunan master plan Kota Kotamobagu kota cerdas itu diikuti oleh puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Kotamobagu. (**)

 

Reporter Agung Mokodompit

Komentar