DPUPR Bolmut Gelar Pelatihan K3

BOGANINEWS, BOLMUT – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), mulai Senin 10-13 Juli 2023 akan melaksanakan sertifikasi ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk gelombang ke-II. Kegiatan ini bekerja sama dengan balai jasa konstruksi wilayah VI Makasar, yang akan dilaksanakan di hotel Aston Manado.

Kepala DPUPR Bolmut Rudini Masuara, mengatakan, kegiatan K3 ini adalah upaya mendukung pembangunan infrastruktur yang berkualitas. Peserta yang mengikuti K3 sebanyak 33 orang yang terdiri dari utusan sejumlah rekanan dan perwakilan PUPR Bolmut.

“Sertifikasi K3 ini merupakan salah satu bentuk implementasi Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017, serta upaya tindak lanjut PUPR Bolmut dari komitmen rencana aksi keselamatan konstruksi yang ditandatangani Menteri PUPR pada bulan Januari 2018, terkait pelatihan dan sertifikasi personil konsultan, kontraktor, operator peralatan, dan para pejabat pelaksana (Satker dan PPK) dibidang K3 konstruksi,” jelas Rudini.

Lanjutnya, sertifikat K3 konstruksi ini melalui proses yang ketat. Bagi peserta setelah dinyatakan kompeten dari asesor memiliki tanggung jawab yang berat yang nantinya akan berkecimpung di dunia proyek. “Selain itu, tujuan dilaksanakannya sertifikasi ini agar para peserta mampu meningkatkan keterampilan dan keahlian melaksanakan norma K3 dalam pelaksaan konstruksi bidang PUPR, serta dapat meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam pembinaan dan pengawasan norma K3 Konstruksi bidang PUPR.

“Selamat mengikuti kegiatan bagi para peserta. Sebuah pekerjaan dan keselamatan kerja merupakan andil dari kalian sebagai pemegang sertifikat K3,” ucapnya.

 

 

Reporter: Indrawan Laupu