KNPI Minta Dinas Kominfo Tangkal Isu Hoax yang Menyerang Pemda Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Moh Izra Haliantara Mamonto, meminta Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bergerak cepat menangkal berbagai isu hoax yang menyerang Pemerintah Daerah (Pemda).

Menurut Icat -sapaan akrabnya-, Dinas Kominfo sebagai corong Pemerintah Daerah harus bergerak aktif dan bekerja maksimal.

“Akhir-akhir ini banyak isu hoax yang menyerang Pemda Boltim. Tidak ada klarifikasi dari Dinas Kominfo atas nama Pemerintah Daerah. Ini terkesan seperti ada pembiaran. Kalau begini terus itu sama artinya dengan Dinas Kominfo tidak bekerja. Kami patut mempertanyakan kinerja para pejabat yang memangku jabatan di dinas itu,” kata Icat.

“Jangan kaku, jangan selalu menunggu petunjuk, dan jangan nanti ditegur kemudian mau bekerja. Sebagai corong Pemda harus aktif dan komunikatif. Dinas Kominfo jangan hanya terpaku pada urusan tertentu saja, seperti urusan baliho dan lainnya. Tapi harus mampu mengelola isu positif tentang Pemda Boltim kemudian disebar-luaskan kepada masyarakat” sambung Icat.

Selain itu, Icat juga meminta Dinas Kominfo selalu berkoordinasi dengan SKPD lainnya terutama dalam mempublikasikan hasil program dan kerja serta prestasi Pemda Boltim secara keseluruhan. “Kemudian semua SKPD juga harus kooperatif. Jangan irit informasi kepada masyarakat. Hasil kerja SKPD bisa dipublikasikan agar masyarakat mengetahui dan memahami apa yang sedang dan telah dikerjakan. Termasuk juga SKPD mengklarifikasi setiap isu mengenai program yang tidak jalan atau kegiatan yang tidak selesai. Jangan hanya diam, karena itu seperti membenarkan isu hoax yang dialamatkan kepada Pemda Boltim,” ungkap Icat. (**)

Komentar