Dispertarnak Kotamobagu Lakukan Pemeriksaan Hewan Qurban Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah

BOGANINEWS KOTAMOBAGU – Dinas Pertanian dan peternakan (Dispertarnak) Kota Kotamobagu, selalu melakukan pemeriksaan Hewan Qurban, menjelang hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan kotamobagu Fenty Dilasandi Mifta, mengatakan Upaya ini di lakukan untuk memastikan penyakitan Hewan Qurban yang akan disembelih saat hari raya korban tanggal 29 Juni 2023 nanti.

“Iya pemeriksaan permintaan Akang turun pada H-3 Sebelum dan sesudah Lebaran Haji. Setiap tahun, ini kami lakukan Untuk memastikan Hewan Qurban itu sehat untuk di sembeli pada hari Raya Idul Adha,” Ujarnya

Dikatakannya, pemeriksaan ini penting di lakukan, sebab Hewan yang akan di Qurban nanti kususnya bagi umat muslim pada hari raya Idul Adha (Qurban) harus sehat.

“Nantinya daging qurban itu akan di bagi-bagikan ke masyarakat yang berhak menerima, kemudian akan di konsumsi oleh masyarakat, sehingga ini wajib uji kesehatan, kelayakan hewan qurban,” jelasnya .

Ia juga mengingatkan kepada seluruh pedagang Hewan, Sapi, dan kambing agar memperhatikan kesehatannya, bila di temukan hewan tidak sehat, maka akan di ambil tindakan.

“Jika tidak sehat maka tidak layak di Qurban konsumsi, maka akan ditindak,” tegasnya.

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar