oleh

RSUD Bolmut Waktu Dekat Akan Kejar Akreditasi Paripurna

BOGANINEWS, BOLMUT- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), dalam waktu dekat akan mengejar aktreditasi paripurna untuk menaikan tipe.

Direktur RSUD Bolmut melalui Kepala Bidang Perencanaan, Sutri Buhang mengatakan, pihak RSUD Bolmut akan meningkatkan tipe menjadi tipe C, yang akan dinilai oleh tim penilai Komisi Aktreditasi Rumah Sakit.

Pada bulan Juni 2023 akan dilakukan penilain aktreditasi tersebut, karena penerapan standar akreditasi mendorong perubahan pelayanan rumah sakit yang lebih berkualitas. Adanya proses akreditasi rumah sakit yang baik serta profesional, dapat meningkatkan citra pelayanan kesehatan pada pandangan masyarakat Bolmut pada umumnya.

“Akreditasi rumah sakit mempunyai dampak positif terhadap kualitas pelayanan pasien, serta dapat memberikan kepuasan pelayaan terhadapa pasien secara umum. Alhamdulilah sampai saat ini peningkatan pelayaan di RSUD Bolmut meningkat, sehingga menimbulkan citra baik kepada masyarakat,” jelasnya.

Dikatakannya, akreditasi rumah sakit diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2017 tentang, Akreditasi Rumah Sakit yang merupakan pedoman bagi rumah sakit dalam melaksanakan akreditasi sebagai upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien.

“Akreditasi rumah sakit mendorong tenaga kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan tentang, aktreditasi rumah sakit, serta peningkatkan kompetensi sebagai bentuk memenuhi tuntutan dalam A
akreditasi rumah sakit,” terang Sutri.

Terpisah, anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolmut, Mardan Umar mengatakan, DPRD Bolmut mengapresiasi langkah RSUD Bolmut sebagai upaya, untuk meningkatkan tipe RSUD menjadi tipe C. Akreditasi RSUD Bolmut mempuyai dampak positif, karena seluruh insan rumah sakit serta tenaga kesehatan menjadi terlatih untuk bekerja sama menjadi sebuah tim yang kompak untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien.

“Peningkatan mutu dan keselamatan pasien merupakan proses kegiatan yang tidak pernah berhenti, sehingga RSUD Bolmut diharapkan dapat sejajar dengan mutu rumah sakit di tingkat internasional. Juga penerapan standar akreditasi mendorong perubahan pelayanan rumah sakit yang lebih berkualitas, karena peningkatan mutu pelayanan dapat menambah kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit,” terang politisi PKB ini.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar