Pimpin Apel Hardiknas, Bupati Boltim Ajak Anak Bangsa Belajar dan Bercita Cita Dengan Kurikulum Merdeka

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2023.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Sam Sachrul Mamonto S Sos MSi pada Selasa (2/5/2023), bertempat di Lapangan Kantor Bupati dan dihadiri oleh seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) se Kabupaten Boltim.

“Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, dimana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur. Sebanyak dua puluh empat episode Merdeka Belajar yang diluncurkan, membawa kita dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik,” ujar Bupati membacakan Pidato Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia (RI).

Lanjut Bupati, sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus mengukur kemampuan literasi bernalar. Pada jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus lewat Kurikulum Merdeka.

“Layar yang sudah bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya , juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama indonesia ini , perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar – benarnya dalam belajar dan bercita – cita” Pungkasnya

Reporter Agung Mokodompit.

Komentar