Pentaskan Drama Sejarah Pembentukan Kabupaten, Nama Asripan Nani cs Berulangkali Disebut

BOGANINEWS, BOLMUT – Pentas acara Bolmut Fest, merupakan kegiatan puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Ke-16 tahun, yang jatuh pada Selasa 23 Mei 2023.

Pentas rakyat terkait syukuran HUT ke-16 lahirnya Kabupaten Bolmut ini, digagas Dinas Pariwisata Bolmut. Ribuan warga pun tumpah ruah membanjiri lapangan kembar Kota Boroko yang menjadi pusat kegiatan.

Aneka pentas budaya seperti sejumlah tarian hingga live musik dari group The Soul yang menghentak dan mengajak massa bergoyang dan bernyanyi bersama, hingga pada puncaknya tampil bintang tamu penyanyi Wizz Baker yang terkenal dengan beragam lagu galau di tiktok.

Warga setempat pun, mengapresiasi kegiatan aneka pentas budaya dalam rangka pemekaran Bolmut. Pentas berdurasi hampir satu jam tersebut itu dikemas apik dengan peran sejumlah Siswa SMK Negeri 1 Kaidipang. Lewat narasi dan suguhan peran dibarengi pameran sejumlah foto dalam screen layar lebar saat itu, nama sejumlah tokoh Bolmut yang menjadi motor pemekaran Bolmut saat itu terlihat berulangkali disebut.

Salah satunya nama Asripan Nani, mantan Sekda Bolmut yang kini sudah menjadi pejabat di Provinsi Sulut, berulang kali di sebut, karena salah satu pelaku sejarah pembentukan Kabupaten Bolmut.

Alhasil, berulangkali ribuan warga yang ikut menonton tergugah dan memberikan aplaus, bahkan pujian kepada Dispar Bolmut atas suksesnya acara tersebut. “Wow, keren Bolmut Fest,” ucap sejumlah warga.

Sementara itu, Sekertaris Pariwisata Provinsi Sulut, Dolly Korengkeng, mengatakan, kedepan Bolmut Fest akan jadi kekayaan baru aneka festival pariwisata dan kebudayaan di Sulut. “Kita akan dorong bisa masuk Kharisma Even Nasional, karena Bolmut ternyata mempuyai bakat dalam seni budaya,” kata Dolly.

Diketahui turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Bupati Bolmut Depri Pontoh, Wakil Bupati Amin Lasena, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Sulut Asripan Nani, Ketua Presedium Pemekaran Moh. Irianto Cristtofel Bugang, para tokoh Presedium, Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Mohamad Dino Gobel, Sekdis Pariwisata Provinsi Sulut Dolly Korengkeng, Pimpinan dan Anggota DPRD Bolmut, Kapolres Bolmut, serta masyarakat.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar