Pemdes Iyok, dan DPMD Boltim, Staf Ahli Pendamping Desa Gelar Rapat Pemuktahiran PIDM Berbasis SDG’S

BOGANINEWS BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes) Iyok Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), gelar rapat pemuktahiran Pendataan Indeks Desa Membangun, (PIDM) berbasis Development Goals disingkat (SDGs) Desa, bertempat di balai desa Iyok Rabu, (31/5/2023).

Dalam pengertiannya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2023.

Kegiatan ini turut dihari oleh Sekdes Saikun Mokoagow, Sekertaris DPMD Boltim, Staf ahli dari kabupaten, Pegawai Kecamatan, pendamping Desa serta aparat Desa Iyok.

“SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” jelas Pendamping Desa, dan Sekertaris DPMD.

Pemutakhiran IDM 2021 juga berbasis SDGs Desa.

“Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga,” terangnya.

Sementara itu, Sangadi Desa Iyok Arifin Ibrahim mengatakan dengan indeks desa membangun berbasis SDGs kita bisa mengukur juga mengetahui data berbasis ini.

“Ucapan terimakasih dari kami Pemdes dengan adanya tentunya ini sangat bermanfaat untuk bagaimana desa kami dapat tahu tentang pendataan indeks desa membangun berbasis SDGs,” ujar Sangadi.

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar