Melalui BPBD Pemkot Gelar Pelatihan Mitigasi Pencegahan Bencana di Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu, melalui Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), gelar pelatihan pencegahan dan Mitigasi Bencana di Kotamobagu.

Kegiatan yang digelar selama dua hari yakni Senin, Selasa (15-16Mei 2023), dipusatkan di Balai Desa Kobo Kecil Kelurahan Kotamobagu Timur.

Kegiatan ini turut dihadiri Kaban BPBD Kotamobagu, Alfian Hasan dan jajarannya, Camat, dan para peserta keterwakilan di setiap desa/kelurahan se-kotamobagu.

Menurut Kaban BPBD Kotamobagu, Alfian Hasan, kegiatan ini sangat penting untuk mitigasi bencana, yang dimaksud serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

“Mitigasi adalah upaya yang memiliki sejumlah tujuan yakni untuk mengenali risiko, penyadaran akan risiko bencana, perencanaan penanggulangan, dan sebagainya. Bisa dikatakan, mitigasi bencana adalah segala upaya mulai dari pencegahan sebelum suatu bencana terjadi sampai dengan penanganan usai suatu bencana terjadi.

“Mitigasi juga bertujuan untuk pengurangan resiko. Nah makanya kami buat pembekalan bagi peran serta stakeholder, pencegahan bencana yang kita tidak bisa prediksi, kapan ada bencana, karena BMKG hanya memprediksi cuaca, tapi bukan bencana,” jelasnya.

Tentunya kata Alfian Hasan, jika ada Bencananya, sudah ada peran masyarakat di kampung. “Meraka peserta sudah dibekali mulai dari simulasi, penaggulangan bencana, dan evakuasi bagi korban,” ujar Hasan.

Ditambahkannya, adapun peserta kita undang dari tiap desa, kelurahan, itu sudah ada relawannya.

“Bencana alam kita tidak akan tahu kapan dan dimana. Makanya kita semua harus siap siaga, perlunya berkordinasi dengan masyarakat, bawah sampai pemerintah,” pungkasnya.

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar