Limi Mokodompit Ingatkan Pentingnya Mempererat Tali Persaudaraan pada Acara Halal Bihalal di Mopuya Utara

BOGANINEWS, BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Ir Limi Mokdompit, Kamis 4 Mei 2023 menghadiri acara Halal Bihalal di Desa Mopuya Utara, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolmong

Dengan mengangkat tema ‘Melalui Halal bihalal Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamia, Ukhuwah Wathaniyah dan Ukhuwah Insaniyah”, Penjabat Bupati Bolmong Limi Mokodompit mengingatkan kembali tentang pentingnya mempererat tali silaturahim antara pemerintah dan masyarakat.

Oleh sebab itu, melalui momentum ini Limi mengajak untuk saling memaafkan antar sesama usai lebaran dan menerima keberagaman dalam bingkai silaturahmi dan memupuk rasa persatuan persaudaraan antar sesama, termasuk di Sulawesi Utara. Khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Menurut Limi, Halal Bihalal sudah merupakan suatu tradisi positif yang dilaksanakan oleh umat Sslam setelah perayaan Idul Fitri, guna menyempurnakan kemenangan dan kesucian yang diraih setelah beribadah puasa selama Ramadhan.

“Mari bersama melalui Halal Bihalal ini, kita saling membersihkan diri dengan tulus dan ikhlas, saling memberi dan meminta maaf kepada sesama atas segala khilaf dan dosa yang pernah kita perbuat,” ucap dalam sambutannya.

Selain itu, ia juga mengajak agar seluruh masyarakat dapat menjadikan momentum ini sebagai wahana dan sarana untuk lebih memperkuat komitmen serta tekad, guna lebih meningkatkan kualitas keimanan.

Bahkan, ia berharap sekaligus mengajak untuk bisa menggugah dan kembali membangun kesadaran sebagai makhluk yang fitrah sesuai makna Hari Raya Idul Fitri.

“Mari membangun semangat kemenangan dan hati yang fitrah untuk dijadikan sebagai titik awal berbenah diri dan menyiapkan konsep bekerja ikhlas, berkarya nyata, serta senantiasa berkontribusi, berpartisipasi aktif dalam mempercepat tercapainya tujuan pembangunan di Kabupaten Bolmong.

Kemudian mari untuk selalu menjalin hubungan silaturahmi yang baik, serta tetap mempererat tali persaudaraan, sehingga solidaritas sesama umat islam dan toleransi antar umat beragama dapat terjalin dengan baik, apalagi daerah kita terdiri dari berbagai agama, etnis, budaya serta suku bangsa,” sebutnya.

Tidak hanya itu, Limi kembali mengingatkan agar memasuki tahun politik, seluruh ASN turut menjaga stabilitas dan keharmonisan.

“Jangan ada yang memprovokasi dan menyebarkan berita Hoaks. Mari kita menjaga silaturahmi sehingga tidak terjadi gesekan,” tegasnya.

Acara pun di akhiri dengan penyerahan hadiah lomba monuntul yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Turut hadir, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, para Asisten, unsur Forkopimda, anggota DPRD Bolmong, Camat, Sangadi, serta para Tokoh Agama dan Masyarakat setempat.

Berikut nama Desa yang meraih juara pada lomba monuntul :

– Juara 1, Desa Otam Barat, hadiah uang tunai Rp25 juta,
– Juara 2, Desa Bolaang, hadiah unag tunai Rp20 juta
– Juara 3, Desa Doloduo II, hadiah uang tunai Rp15 juta

Sementara, untuk juara harapan 1 yakni Desa Mopait, dengan hadiah uang tunai Rp10 juta dan harapan 2, Desa Otam dengan hadiah uang tunai Rp5 juta. (*)

Reporter: Sutrisno Tola

 

Komentar