Berikut Pesan Ketua TP-PKK Boltim Seska Ervina Budiman Saat Menghadiri HUT Ke-72 Tahun Ikatan Bidan Indonesia IBI

BOGANINEWS, BOLTIM – Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), gelar syukuran merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) IBI ke-72 Tahun.

Kegiatan IBI ini dipusatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Boltim di Modayag pada hari Selasa, (30/5/2023), degan mengangkat Tema : “Satu langkah dalam transformasi kesehatan untuk penguatan pelayanan kebidanan berkesinambungan dan berbasis bukti,’.

Dalam kegiatan ini, juga turut dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten Boltim, Ny Seska Ervina Budiman S,Sos Dirut RSUD Boltim Dr. Minarni Manoppo, Kadis Kesehatan yang diwakili Sekertaris Helmi Lasama S.Kep, Ketua IBI Boltim Maria Magdalena Pujiati S.Tr.Keb ketua IBI se-BMR, Bidan, dan Tamu undangan lainnya.

Ketua IBI Kabupaten Boltim Maria Magdalena Pujiati S.Tr.Keb pada kesempatan itu memaparkan sejarah berdirinya IBI.

“IBI di jakarta pada tahun 1951, dan selanjutnya IBI bergabung pada Organisasi Wanita (Owan), dan berjalan waktu IBI sudah genap pada 72 tahun sebagai organisasi profesi, dan sudah melakukan upaya pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak,”jelasnya.

Dikatakannya rangkaian kegiatan IBI di mulai dari April sampai degan bulan Agustus Tahun 2023, dan semestinya tanggal 23, tapi untuk Boltim dilaksanakan pada hari ini.

“Mulai dari kegiatan seminar sehari, bakti sosial pemeriksan dan pelayanan kesehatan pada ibu dan anak, membahas tentang reproduksi, dan kegiatan pelayanan kesehatan lainnya. Adapun sumber dana kegiatan dari partisipasi bidan se-Kabupaten Boltim, dan dari kas organisasi IBI Boltim.

Maka dari itu lanjut dia, saya berpesan pada seluruh Bidan agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan pengetahuan sesuai perkembangan jaman, juga bagaimana peran kita untuk mengurangi dan menekan angka Stunting gizi buruk, sesuai tema kita Satu langkah dalam transformasi kesehatan untuk penguatan pelayanan kebidanan berkesinambungan dan berbasis bukti,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Boltim Ny. Seska Ervina Budiman S.Sos memberikan sambutannya mengucapkan selamat HUT ke-72 tahun IBI semakin jaya profesional dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak.

“IBI di usia 72 Tahun merupakan bukti kematangan organisasi dalam mengisi dan meneruskan apa yang di capai untuk mewujudkan kesehatan ibu dan anak berbasis bukti. organisasi IBI sudah termasuk tua, diperjalanan IBI ini sudah sampai di 72 tahun,” ucap Seska Budiman.

Tak lupa pula Istri Bupati Boltim ini memberikan masukan bagi seluruh Bidan di Boltim.

“Saya ingin berikan masukan bagi ibu bidan, bukan menggurui, karena saya tahu kalian ibu-ibu Bidan hebat semua, namun di usia ini harus punya prioritas acuan kita sebagai ibu dan IBI sampai di 72 tahun yang sudah umur. Gaungnya harus berkelanjutan sesuai tema, “Satu langkah dalam transformasi kesehatan untuk penguatan pelayanan kebidanan berkesinambungan dan berbasis bukti,”.

Makanya harus ada gaungnya bukan sekedar seremonial merayakan HUT dan tergabung dalam Organisasi IBI, namun harus ada berkesinambungan, kira-kira apa yang akan kita buat untuk generasi ibu anak, dan update perkembangan jaman teknologi kesehatan.

“Sesuai Temanya jangan hanya satu langka, tapi jika perlu berlari seribu langka di usia 72 tahun sebagai garda terdepan untuk memajukan pelayanan kesehatan pada ibu dan anak. jadi pesan saya bagi ibu bidan sebagai pelayan kesehatan ibu dan anak, tangung jawab kalian besar, mari pacu kinerja kita, lakukan pelayanan prima demi Boltim maju, mandiri, dan Bersinar,” pungkas Seska Budiman.

Dipenghujung acara dilakukan pemotongan kue tumpeng, dan penyerahan piagam penghargaan sebagai Bidan teladan, loyalitas, aktif dan partisipasi dalam kepengurusan IBI kepada Bidan NI Wayan Jengki, A.Md,Keb dan bidan lainya, dan dilanjutkan degan seminar kesehatan.

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar