Sangadi Desa Jiko Belanga Berharap Bantuan Tepat Sasaran, dan Pemerataan Kesejahteraan Warganya

BOGANINEWS, BOLTIM – Demi mewujudkan Desa Mandiri dan maju, serta tercapainya pemerataan kesejahteraan masyarakat, Penjabat Sangadi Desa Jiko Belanga, Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Seprianto, J. Metuak berharap bantuan harus tepat sasaran dan perangkat desa juga masyarakat lebih kreatif dan inovatif.

Terkait niat itu, Ia sudah menegaskan kepada kepala dusun, bahwa bantuan harus mengena dan tepat sasaran kepada berhak menerima. Karna ada banyak keluhan warga tidak pernah mendapatkan bantuan.

“Bantuan kemasyarakat harus ada pemerataan, juga yang penerima KPM BLT sudah tidak lagi menerima bantuan dari ketahanan pangan dan pemberdayaan. Ini diupayakan agar warga kita tidak selalu berkertergantungan degan bantuan dan mereka bisa mandiri, inovatif juga kreatif menuju masyarakat maju dan sejahtera,” tegas Seprianto Selasa, (18/4/2023).

Ia juga menjelaskan untuk jumlah penduduk di desa Jiko Belanga kurang lebih hampir 300 Kepala Keluarga (KK), dan ada puluhan orang dapat bantuan.

“Jika di hitung dengan jumlah bantuan KPM BLT 25%, penerima 51KK, mesin pangkas 12 buah , hansplayer 40 buah, Hewan ternak 4 kaki 20 ekor, RLTH 1 unit, kelompok tukang 5, jika di hitung setiap Tahun berjumlah 122 KK. adapun orang yang mampu bisa dapat bantuan, tinggal tergantung jenis bantuan.

Jadi butuh 2 Tahun 6 bulan, sudah ada pemerataan degan jumlah Dana Desa (DD) masuk ke rekening desa 734 juta yang di hitung berdasarkan jumlah penduduk.

Jadi saya berharap kedepan ada Sangadi depenitif yang terpilih nanti, bisa melakukan hal yang sama, bahkan lebih baik dari saya,” pintanya.

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar