Pemdes Nuangan Barat Lakukan Evakuasi Pasca Banjir, Juga Menghimbau Warga Agar Tetap Waspada

BOGANINEWS, BOLTIM – Akibat cuaca Ekstrem hujan deras yang melanda Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), beberapa hari ini, mengakibatkan banjir di Desa Nuangan Barat Kecamatan Nuangan.

Penjabat Sangadi Desa Nuangan Barat Evendi Suangi SP,d bersama jajaran perangkat desa dan masyarakat pagi ini Kamis, (27/4/2023) melakukan pembersihan dan evakuasi warga yang terdampak banjir.

“Hujan sejak kemarin sampe tengah malam mengakibatkan air sungai meluap sampe kepemukiman warga. Ada puluhan rumah sampe bangunan kantor desa, sekolah yang terendam banjir. Pagi ini kami melakukan pembersihan dan evakuasi pengecekan warga yang terdampak banjir,” ucap Sangadi.

Ia pun menjelaskan hujan deras yang mengguyur dua hari ini, mengakibatkan debet air meluap sampe batas lutut kaki orang dewasa.

“Banyak fasilitas barang prabotan rumah dan elektronik yang terkena air. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Namun saya langsung turun melakukan evakuasi pembersihan, dan pengecekan langsung ke tiap Titik rawan banjir,” ujarnya.

Kami selaku Pemerintah Desa Nuangan Barat, menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada.

“Tetap waspada, dan selalu koordinasi, pemerintah Kecamatan sudah menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk turun evakuasi. Selain itu mari kita berdoa agar terhindar dari marabahaya Bencana alam, bersihkan semua sampah di depan rumah, selokan agar kita aman dari banjir susulan,” pintanya.

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar