Mudahkan Masyarakat Mengurus Dokumen, Disdukcapil Kotamobagu Kembali Siapkan Ini

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu akan menyediakan mesin Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM).

Hal ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Menurut Kepala Disdukcapil Kotamobagu Roy Paputungan, gerai Anjungan Disdukcapil Mandiri yang ditempatkan di halaman Kantor Wali Kota Kotamobagu tersebut, telah lama beroperasi, namun sempat terkendala karena persoalan teknis.

“Sebenarnya sudah beroperasi tapi ada kendala teknis pertama terkait peralatan yang dikirim dari rekanan Kemendagri,” kata Roy, Kamis (27/4/2023).

Lanjutnya, kendala lainnya terkait aplikasi yang digunakan sehingga proses haknya akan mengupayakan untuk kembali mengujicobakan aplikasi terbaru.

“Insyaallah minggu depan akan dicoba lagi untuk dioperasikan dengan aplikasi yang baru,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, dengan adanya Gerai ini dapat membantu masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan tanpa harus ke Kantor Disdukcapil.

“Adapun pelaksanaan Gerai Anjungan Disdukcapil Mandiri meliputi berbagai dokumen kependudukan baik pencetakan KTP, Kartu Keluarga maupun Akta dengan batasan tertentu, namun demikian prosedurnya harus berhubungan dengan Disdukcapil,” ujarnya.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar