Banjir di Kecamatan Nuangan, Pemdes Iyok Lakukan Evakuasi, Juga Menghimbau Warga Tetap Waspada

BOGANINEWS, BOLTIM – Akibat intensitas curah hujan yang deras melanda Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sebanyak 64 Rumah di Desa Iyok terendam banjir.

Tepatnya tadi malam Rabu, (26/4/2023) pukul 20.00 air sungai meluap sampai masuk ke pemukiman warga di kampung baru Iyok.

Sangadi Desa Iyok Arifin Ibrahim, melalui Sekertaris Desa Saikun Mokoagow mengatakan kurang lebih ada 64 rumah, 64 KK, 221 jiwa yang terdampak banjir di kampung baru.

“Hujan deras kemarin sampe tengah malam mengakibatkan air sungai meluap masuk sampe ke pemukiman warga. Saya bersama warga turun langsung mengecek juga mengevakuasi warga yang terdampak banjir,” ucapnya.

Alhamdulillah sambung Saikun, tidak ada korban jiwa. “Berkat kesiap siaga, kami pemerintah Desa bersama warga, tidak ada korban jiwa, hanya air yang meluap sampe batas lutut kaki orang dewasa. Saya pun menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati selalu waspada dan mengevakuasi warga untuk pindah ke tempat yang lebih aman,” jelasnya.

Sekdes pun berharap agar bantuan dari Pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk turun lokasi.

“Hampir satu Kecamatan Nuangan terendam banjir. Pagi ini kami melakukan pembersihan depan rumah dan selokan yang ada tumpukan sampah. Kami berharap BPBD untuk dapat turun mengevakuasi warga yang terdampak banjir, sekaligus mengecek titik kerawanan banjir susulan jika hujan terus mengguyur,” pungkasnya.

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar