Target IKD, Disdukcapil Kotamobagu Ajak Masyarakat Aktivasi Layanan IKD

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kotamobagu mengajak masyarakat untuk akan mengaktivasi layanan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Hal tersebut diungkapkan kepala Disdukcapil Kotamobagu, Roy Paputungan mengatakan, Kartu Tanda Penduduk atau KTP digital yang dapat diunduh melalui smartphone.

“Kelebihan dari KTP digital ini, dapat diakses secara online sehingga memudahkan pelayanan terutama yang berhubungan dengan identitas diri atau KTP,” ungkapnya.

Roy melanjutkan, untuk tahun 2023 ini pemerintah pusat telah menargetkan pelayanan IKD bagi 50 juta penduduk Indonesia. Hal ini berdasarkan Permendagri nomor 72 tahun 2022, tentang standar dan spesifikasi perangkat keras, perangkat lunak dan blangko KTP elektronik serta penyelenggaraan identitas kependudukan digital.

“Untuk itu kami mengajak masyarakat Kota Kotamobagu agar segera mengaktivasi layanan KTP digital ini, caranya cukup mudah cukup download aplikasi IKD di playstore. Selain itu, sebelum mendaftar siapkan nomor induk kependudukan, alamat email serta nomor handphone yang aktif,” pungkasnya.

Reporter: Sandi Gautama Mokoagow 

Komentar