Penjabat Sangadi dan Aparat Desa Jiko Belanga Ikuti Bimtek Manajemen Pemerintahan Desa di Jakarta

BOGANINEWS, BOLTIM – Penjabat Sangadi Desa Jiko Belanga Seprianto, J. Metuak, bersama perangkat Desa mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pemerintahan Desa, yang bekerja sama dengan Pusat Studi Strategi Pembangunan Daerah (Pusbangda) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang dilaksanakan selama lima hari yakni tanggal 19 sampai 23 Februari 2023, bertempat di Hotel Best Western Jakarta Mangga Dua.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S,Sos. M,si turut membuka kegiatan Bimtek sekaligus memberikan materi kepada Pjs Sangadi se-Boltim dalam penyelenggaraan Bimtek Manajemen Pemerintahan Desa.

Dalam penyampaian materi Bimtek Manajemen Pemerintahan, Bupati menegaskan empat hal agar program Pemerintah Desa menjadi terbaik sehingga ada manfaatnya dan langsung dirasakan masyarakat.

“Yang harus dilakukan oleh kepala desa, yakni pertama, perencanaan harus matang, pelaksanaan harus dilakukan dengan baik, harus mengetahui penatausahaan administratrsi dan pertanggungjawaban tidak asal jadi. Jika ini dilakukan dengan baik, maka hasilnya akan baik juga, dan selanjutnya bisa memberikan contoh bagi kepala desa,” jelas Bupati.

Sementara itu, Penjabat Sangadi Desa Jiko Belanga mengatakan Bimtek Manajemen Pemerintahan Desa, diharapkan perangkat desa harus tau tupoksi.

“Semua ada 28 buku dibagi kaur Perencanaan, kaur keuangan, kaur Tata Usaha yang menjadi penanggung jawab adalah Sekdes. Sedangkan Kepala seksi pelayanan dan kesejahteraan, Kepala Seksi Pemerintahan. 4 Kepala Dusun, Ditugaskan sesuai Tupoksi dan di laporkan kepada Sangadi.

Dari semua Tugas Perangkat desa dilaporkan kepada sangadi, dan setiap bulan sangadi wajib mengevaluasi Kinerja Perangkat desa,” ucap Sangadi.

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar