Pemerintah Desa Matabulu Kabupaten Boltim Gelar Musyawarah Penetapan APBDes

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes) Matabulu Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Senin (20/2/2023) gelar musyawarah desa (Musdes) penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun 2023.

Rapat musyawarah ini turut dihadiri Penjabat Sangadi Matabulu Pario Mokoginta S,pd, Sekertaris Desa Bahar Mamonto, perangkat desa, dan BPD serta tokoh masyarakat, juga pendamping desa.

Sangadi dan Sekdes Matabulu pada media ini mengatakan, penetapan APBDes sesuai dengan acuan Permendes Nomor 8 tahun 2022.

“Rapat musyawarah desa telah membahas beberapa program juga APBDes perubahan. Ada beberapa kegiatan yang menjadi skala prioritas kami di desa. Nah, semua di bahas saat APBDes perubahan dan dananya untuk kegiatan yang lebih prioritas. Seperti operasional Pemerintah Desa diambil dari Dana Desa (DD), kemudian BLT Ketahanan pangan, dan pemberdayaan, juga pembangunan,” ucap Sangadi.

Dijelaskannya, adapun perubahan APBDes tahun anggaran 2023 dilakukan karena untuk memenuhi prioritas dana desa, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) tentang besaran alokasi dana desa minimal 40 persen untuk BLT, 20 persen untuk ketahanan pangan, pemberdayaan dan pembangunan.

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar