Pemdes dan Masyarakat Jiko Belanga Usulkan Pembuatan Jalan dan Jaringan Internet, Bupati Boltim Jawab Begini

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa Jiko Belanga Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bersama Tokoh Adat berharap Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto dapat memenuhi permintaan masyarakatnya, akan pembuatan akses jalan Jiko Belanga menuju Desa Matabulu dan pengadaan penguatan jaringan internet Indosat untuk promosi destinasi wisata di desanya.

Aspirasi masyarakat ini, disampaikan Penjabat Sangadi Desa Jiko Belanga Seprianto, J. Metuak, saat dirinya membawakan sambutan pemerintah desa di acara Adat Tulude pada Jumat (3/2/2023).

“Atas nama pemerintah desa, tokoh adat, dan masyarakat desa Jiko Belanga, mengucapkan selamat datang kepada Bapak Bapak Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.sos, Msi, atau dalam bahasa penyematan gelar adat Datung Banuang kepada bupati sebagai pemegang adat Sangihe tertinggi di Boltim. Selamat datang pak, bersama jajaran dan rombongan, di desa kami. Terimakasih atas kesempatan bapak Datung Banuang telah menyempatkan diri hadir ditengah-tengah masyarakat dalam kegiatan acara adat Tulude,” ucap Sangadi Jiko Belanga.

Kiranya bapak Datung Banuang dapat memberikan bimbingan, arahan dan petuah pada kami masyarakat adat Jiko Belanga, yang kami kenal sebagai bapak yang sangat menghargai Adat, sosial dan budaya di kabupaten Boltim.

Makna Tulude adalah merupakan adat pemersatu demi kehidupan dan kemakmuran bersama.

“Seperti bahasa yang berprofesi petani, bekerjalah sebagai petani, dan yang nelayan rajinlah melaut, dan yang pedagang, rajinlah berwirausaha” ujarnya.

Sangadi pun menyampaikan aspirasi permintaan masyarakatnya kepada Bupati, agar dapat merealisasikan harapan mereka.

“kami atas nama masyarakat desa Jiko Belanga, memohon kiranya bapak bupati, dapat memenuhi harapan kami di sini yakni, pembuatan akses jalan Jiko Belanga sampai ke Desa Matabulu. Karena Taksi atau Bus yang kearah Manado dan Bitung bisa jemput penumpang warga disini hanya sampai di Matabulu, karena jalannya rusak. Yang ke-dua, penguatan jaringan internet pemancar Indosat, untuk kami bisa promosikan destinasi wisata yang ada di Joko Belanga, kita butuh jaringan yang baik dan cepat, demikian dari kami terimakasih kepada bapak Bupati Boltim.

Maka dari itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat Jiko Belanga agar dapat bersama-sama mendukung dan membantu program visi misi pemerintah daerah dibawah kepemimpinan bapak Bupati Sam Sachrul Mamonto,” ujar Sangadi.

Menanggapi hal itu, Bupati mengatakan ada yang menarik dari sambutan Penjabat Sangadi tadi yakni permintaan dari masyarakat untuk akses jalan, dan pengadaan jaringan internet.

“Nah untuk itu saya tidak berjanji tapi saya akan buat. Waktu itu, saya kampanye janji buatkan jalan aspal di desa ini, dan buktinya saya buat, penuhi janji saya. Kedua pengadaan tower internet, saya sudah dibuat, nah sekarang kurang jaringnya yang akan lebih diperkuat.

“Untuk itu, nanti untuk jalan Akses Jiko Belanga ke Matabulu kita akan buat. Saya bukan orang penjanji, namun apa yang saya ucapkan pasti akan saya lakukan. Tapi kalian juga berjanji bahwa akan selalu mendukung program pemerintah, dan sejalan dengan saya,” jelas Sachrul.

terkait usulan itu kata Bupati, semoga kita semua diberikan kesehatan kekuatan agar apa harapan kebutuhan masyarakat desa Jiko Belanga dapat terpenuhi.

“Seperti jalan yang rusak kita akan tingkatkan perbaiki, juga jaringan internetnya. Alasan saya kesini, karena saya nyaman di sini, sampai memancing dan bermalam di desa ini, serasa seperti pulang kampung halaman Istri saya,” ucap Bupat

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar