Bupati Bolsel Terima Sertifikat Bebas Frambusia 

BOGANINEWS, BOLSEL- Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru, S.Pt., M.Si, Selasa (21/2/2023) menghadiri peringatan hari Neglected Tropical Diseases (NTBs) Sedunia yang diselenggarakan di Krakatau Grand Ballroom TMII.

Kegiatan ini dihadiri Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Hunawan Sadikin, Dirjen P2P Kemenkes RI dr. Maxi Rondonuwu, M.Kes, DHSM dan para pejabat utama Kemenkes serta para pemerhati kesehatan, pada kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kota penerima penghargaan.

Dalam peringatan NTBs tersebut Bupati Bolsel   menerima sertifikat Kabupaten bebas frambusia yang diserahkan langsung oleh Menkes RI Budi Gunawan Sadikin. Kegiatan ini juga dihadiri oleh 103 Bupati/Walikota penerima sertifikat bebas Frambusia dan 5 Bupati/Walikota penerima Eliminasi Filariasis.

Bupati Bolsel dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa berdasarkan Asesment laporan Frambusia, Kabupaten Bolsel sendiri sejak tahun tahun 2018 sampai saat ini zero Frambusia.

Menurut Bupati ini juga dikuatkan dengan hasil survey dri Tim Frambusia Kemenkes RI Desember 2022 yang mengambil sample siswa diskolah2 SD/MI se-kabupaten Bolsel, terdapat 163 suspek dengan hasil pemeriksaan negatif (zero) tidak ditmukan positif Frambusia.

“Dengan diterimanya sertifikat ini menjadi pemacu semangat serta berkomitmen dengan semua pihak yang berkompeten untuk terus mengupayakan untuk mempertahankan status Bolsel zero frambusia seperti saat ini, serta terus menggerakkan masyarakat untuk mengetahui dan mencegah secara dini frambusia,”. Harap Bupati. (Advetorial)

Komentar