Pemerintah Desa Loyow Gelar Musrenbangdes, Berikut Tiga Usulan Prioritas

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes) Loyow Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolmong Timur (Boltim), mengelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) tahun 2023, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024, pada hari Rabu (11/01/2023).

Kegiatan Musrembang yang dipusatkan di Balai Desa, dihadiri unsur kecamatan Nuangan, perangkat desa, Sekdes dan BPD, serta tokoh masyarakat.

Pada kesempatan itu, Sangadi Desa Loyow Tarji Mokoagow mengatakan, semua usulan yang disampaikan sementara dirampungkan untuk dibawah pada Musrenbang tingkat Kecamatan sampai Kabupaten nanti.

“Semua usulan kami tampung dulu, baik itu skala prioritas atau pun masih dipertimbangkan nanti kita menyesuaikan dengan hasil Musrenbang di tingkat Kecamatan dan Kabupaten,” ujarnya.

Menurutnya, dari Musrenbang Desa itu selain Sangadi bersama BPD yang hadir ada juga tiga delegasi setiap desa dari unsur masyarakat yang diminta untuk mengawal usulan.

“Nantinya apa yang diusulkan pada Musrenbang Desa ini, kita arahkan kepada delegasi untuk membahas kembali usulan skala prioritas bersama Sangadi dan BPD. Intinya, program yang masuk atau tidak sebagai prioritas soft kopinya tetap kami bawah ke Musrenbang Kabupaten,” jelasnya.

Selanjutnya kata Sangadi, untuk tindak lanjutnya kami dari tingkatan Desa sampai Kecamatan Nuangan, tentunya hanya sebatas mengawal.

“Namun, untuk terealisasinya kegiatan kita menyesuaikan dengan anggaran oleh Pemerintah Daerah, yang jelas usulan yang menjadi skala prioritas harus didukung dengan usulan proposal,” jelas Sangadi.

Sekdes Loyow juga menambahkan, adapun hasil Musrenbang kali ini membahas tentang usulan prioritas dibidang infrastruktur. “Seperti, pembuatan Lapangan Olahraga, kedua Pembangunan Abrasii Pantai tanggul pemecah ombak, dan Jalan lingkar desa,” ucap Sekertaris Desa Loyow Tony Mokoagaow.

Reporter: Agung Mokodompit.