Pemdes Bai Gelar Musrenbangdes, Bahas Tiga Skala Prioritas Usulan

BOGANINEWS, BOLTIM – Guna menampung seluruh usulan aspirasi masyarakat, dan pembangunan di tingkat desa, Pemerintah Desa (Pemdes Bai), Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolmong Timur (Boltim), mengelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) tahun 2023, penentuan tiga skala prioritas, dalam rangka penyusunanan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.

Kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa ini, pada hari Rabu (11/1/2023), dihadiri mantan Sangadi Bai Hamdi Lamaluta, Sekdes Bai, Riski Mamonto, bersama perangkat desa, Kepala Dusun, BPD, Pendamping Desa, serta tokoh masyarakat.

Dalam pembahasan, Penjabat Sangadi Desa Bai, Mety Paputungan mengatakan, adapun musyawarah kali ini, penandatanganan brita acara hasil musrembang desa, serta penentuan 3 skala prioritas dalam penyusunan Rkpd tahun 2024.

semua usulan yang disampaikan sementara dirampungkan untuk dibawah pada Musrenbang tingkat Kecamatan sampai Kabupaten nanti.

“Kita bersama melaksanakan Musrenbang untuk tahun anggaran 2023. Semua usulan kami tampung dulu, baik itu skala prioritas, nanti kita menyesuikan dengan hasil Musrenbang di tingkat Kecamatan dan Kabupaten,” ujarnya.

Menurutnya, dari hasil Musrenbang Desa itu selain Sangadi bersama BPD yang hadir, ada juga delegasi setiap desa dari unsur masyarakat yang diminta untuk mengawal usulan.

“Nantinya apa yang diusulkan pada Musrenbang Desa ini, kita arahkan kepada delegasi untuk membahas kembali usulan tiga skala prioritas bersama Sangadi dan BPD, sampai kita bawa ketingkat Kabupaten,” ujar Mety

Dia juga menambahkan, hasil dari pada musrenbang ini kita menyesuaikan dengan SKPD terkait serta kemampuan anggaran di daerah, serta dukungan proposal dari Desa.

“Untuk tindak lanjutnya kami dari tingkatan Desa sampai Kecamatan Nuangan, tentunya hanya sebatas mengawal. Namun, untuk terealisasinya kegiatan kita menyesuaikan dengan anggaran oleh Pemerintah Daerah, yang jelas usulan yang menjadi skala prioritas harus di dukung dengan proposal,” jelas Sangadi.

Sementara itu, Riski Mamonto Sekdes Bai mengatakan usai, Musrenbangdes kita juga melanjutkan Rapat dan musyawarah Dusun.

“Seperti Dusun I Penggalian gagasan, dan Musdus dusun II, sampai Musdus Dusun III Desa Bai. Ini semua demi awal usulan aspirasi masyarakat dan pembangunan Desa,” ucapnya.

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar