DPD KNPI Bolmong Laksanakan Rakerda

BOGANINEWS, BOLMONG Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bolaang Mongondow, Selasa (06/12/2022), melaksanakan Rapat kerja daerah (Rakerda) bertempat di Cafe Starla Pantai Bungin.

Dari unsur DPD KNPI Provinsi Sulut hadir Wakil Ketua Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral Hendra Tito Manggopa.

Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit, SM MBA, Sekretaris Gabriel Marsel Tangkere, Bendahara Nurlela Modeong dan jajaran Wakil ketua, Wakil sekertaris, Wakil bendahara dan biro biro DPD KNPI Bolmong.

Ketua Panitia Pelaksana Rakerda Jalaludin Kosasi yang juga Wakil Sekertaris Bidang OKK menegaskan, pelaksanaan Rakerda akan membahas program kerja KNPI Bolmong untuk periode 2022-2025.

“Rakerda ini terlaksana untuk menindaklanjuti hasil Musda ke-XI dan berkat peran dari teman-teman pengurus dan pihak terkait. Semoga rakerda akan melahirkan program, banyak ide dan gagasan untuk kemajuan pemuda di Bolmong,” katanya.

Akan halnya Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit, SM MBA.

“Terima kasih atas kehadiran teman-teman pengurus pada Rakerda saat ini dan ini akan menjadi bukti komitmen kita bersama untuk memajukan KNPI kedepannya,” kata Feramitha.

Dia juga menyampaikan, perlu ada program strategis jangka panjang KNPI dan program-program pendukung lainnya yang harus di rumuskan bersama dalam Rakerda, sesuai Visi Misi yang telah tersampaikan sebelumnya.

Sementara itu, dari unsur DPD KNPI Sulut Hendra T Manggopa menegaskan, dalam Rakerda, harus ada rekomendasi untuk kepentingan Ketua DPD sebagai representatif KNPI.

“Apakah rekomendasi secara politik mau pun rekomendasi lainya. Dan ada juga rekomendasi untuk kepentingan seluruh pengurus KNPI,” jelas Hendra yang memandu langsung jalanya Rakerda.

Rakerda di pimpin Sekretaris Gabriel Marsel Tangkere, Wakil Ketua Bidang Politik dan Kepemiluan Abdul Bahri Kobandaha dan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yunita Datalamon.

Untuk diketahui, Rakerda DPD KNPI Bolmong berlangsung dengan sukses.

Visi dan Misi 2022-2025 Ketua DPD KNPI Bolmong Feramitha Tiffani Mokodompit

  1. Membangun sinergitas melalui jaringan organisasi Kepemudaan (OKP) yang ada.
    Reposisi Eksistensi KNPI sebagai wadah berkumpulnya elemen pemuda yang ada di Bolaang Mongondow.

  2. Menjadikan pemerintah sebagai mitra strategis dan mitra kritis dalam upaya percepatan pembangunan di Kabupaten Bolaang Mongondow

  3. Melaksanakan kegiatan kepemudaan sebagai upaya peningkatan dan pengembangan kualitas intelektual, moralitas, dan keterampilan pemuda sehingga memiliki daya saing dalam kompetisi global.

  4. Menciptakan ruang yang kondusif bagi pemuda agar dapat berkompetisi secara sehat, adil dengan tetap menjunjung nilai-nilai kejujuran dan objektifitas.

  5. Revitalisasi semangat pemuda demi membentuk integritas pemuda yang berwawasan kebangsaan.

  6. Memperkuat solidaritas antar organisasi kepemudaan.

  7. Meningkatkan kualitas pemuda melalui pendidikan dan pembinaan serta keterampilan melalui pelatihan sesuai dengan bakat dan potensi masing-masing.

  8. Meningkatkan kapasitas peran pemuda dalam pengabdian kepada masyarakat dan daerah.

  9. Mengikutsertakan peran pemuda dalam pembangunan dan pengelolaan sektor UMKM.

  10. Melibatkan Pemuda dalam pengelolaan ekonomi kreatif dan ekonomi digital.

Rancangan Kegiatan Pemuda Bolmong

  1. Pemuda Bolmong kreatif

  2. Sekolah Wirausaha pemuda

  3. Mengadakan Workshop Kepemimpinan kader Perempuan

  4. Pelatihan Pemberdayaan Perempuan
    Bhakti Sosial dan Donor Darah Pemuda.

Program rutin pemuda (fokus ke agama, seni, dan budaya) misalnya dibuat pengajian setiap minggu, pertemuan pemuda gereja, pembentukan sanggar tari, pembentukan seniman-seniman muda, dsb
Pendidikan dan pelatihan untuk kualitas jiwa pengusaha (entrepreneurship)
Youth Skill Center.

Program Desa Binaan Pemuda

  1. Peringatan Hari Besar Keagamaan.

  2. Tarawih Keliling.

  3. Kajian dan diskusi Keagamaan.

  4. Pendirian Sanggar Seni Budaya Pemuda.
    Festival Budaya.

  5. Kajian Pengembangan Pariwisata.

  6. Kerjasama dengan Media/Latihan mengenai keterampilan pembuatan media Pelatihan Jurnalistik Pemuda.***

Komentar