oleh

Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara Irup HUT PGRI Ke-77 dan HGN Tahun 2022

BOGANINEWS,KOTAMOBAGU–Wali Kota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara, bertindak selaku inspektur upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2022, Jumat (25/11/2022), di Lapangan Aruman Kelurahan Motoboi Kecil, Kotamobagu Selatan.

Dalam sambutannya Wali Kota mengatakan Paltform merdeka belajar yang diluncurkan pemerintah pusat pada awal tahun ini, sepenuhnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya dan berkolaborasi.

“Dalam platform merdeka belajar, guru bisa mengakses modul pembelajaraan dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran dan terkoneksi dengan rekan sesame guru dari daerah lain. Guru di Aceh sekrang bisa belajar dari guru di Papua, guru di Kalimantan bisa menginspirasi guru-guru yang ada di Jawa,” kata Wali Kota, membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Saat ini tercatat 1,6 juta guru pengguna platform merdeka mengajar, yakni para guru yang mau mencoba hal-hal baru yang tidak takut untuk berinovasi, yang sadar dan paham bahwa sudah tiba waktunya untuk bertransformasi.

“Kami juga terus membuka kesempatan bagi para guru untuk mengikuti program guru penggerak yang bertujuan untuk menghasilkan generasi baru kepemimpinan Indonesia. Sekarang sudah ada 50.000 guru penggerak dan tentunya masih akan terus didorong agar makin banyak guru di seluruh penjuru nusantara menjadi guru penggerak untuk memimpin roda perubahan Pendidikan Indonesia.,” lanjut Wali Kota.

Begitu pula dengan program persiapan calon guru masa depan kita, khususnya melalui transformasi program Pendidikan profesi guru (PPG) prajabatan yang kini berorientasi pada praktik pengalaman lapangan mengedepankan metode inkuiri, dan membiasakan guru melakukan refleksi.

“Semua ini bertujuan untuk melahirkan para pendidik sejati yang profersional dan adaptif, yang terus memprioritaskan kebutuhan peserta didik, dan yang selalu bersemangat untuk berkolaborasi dan berinovasi,” ucap Wali Kota.

Di akhir membacakan sambutan, Wali Kota menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional Tahun 2022 di Kota Kotamobagu.

“Atas nama pribadi dan jajaran pemerintah Kota Kotamobagu saya menyampaikan selamat memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Persatuan Guru Republik Indonesia dan Hari Guru Nasional Tahun 2022,” ujar Wali Kota.
Setelah pelaksanaan upcara, Wali Kota bersama jajaran Forkopimda Kotamobagu melakukan foto bersama para guru. Terlihat juga Wali Kota melakukan swafoto bersama para guru se-Kota Kotamobagu.

kegiatan turut dihadiri Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan, SH., Dandim 1303 Bolmong Letkol. Inf. Topan Angker, S.Sos., Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi, SIK., perwakilan Kajari Kotamobagu, Ketua PGRI Kotamobagu, Dra. Rukmi Simbala, MAP, para tokoh pendidikan Bolmong Raya, para asisten dan pimpinan OPD Pemerintah Kota Kotamobagu.(And)

Komentar