Meningkatnya Kasus DBD, Sangadi Desa Bai Himbau Masyarakat Hidup Bersih dan Jaga Kesehatan

BOGANINEWS, BOLTIM – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), di kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terus meningkat, Pemerintah Desa (Pemdes) Bai Kecamatan Nuangan Kabupaten Boltim, himbau masyarakatnya agar jaga kesehatan dan selalu hidup bersih.

Sangadi Desa Bai Hamdi Lamaluta pada media ini mengatakan dirinya sudah instruksikan keseluruh perangkat desa agar melakukan sosialisasi pencegahan DBD.

“Musim pancaroba cuaca yang sering hujan, sangat rentan timbulnya penyakit, malaria, muntaber, dan DBD. Maka dari itu, kami selalu menghimbau kepada masyarakat desa Bai, selalu menjaga kebersihan dan jaga kesehatan,” ucapnya Senin (3/10/2022).

Menurutnya, masyarakat perlu lakukan 3M, Menguras Menutup dan Mengubur.

“3M adalah langkah baik untuk mencegah DBD, memutus jentik nyamuk. selalu membersihkan pingiran rumah selokan, membersihkan sampah kaleng kemasan, dan hidup bersih, juga jaga kesehatannya,” pintanya.

Pihaknya juga akan meminta Puskesmas diwilayahnya untuk melakukan penyemprotan (Fogging), agar jentik-jentik nyamuk mati semua.

“Nanti kita akan minta dinas kesehatan atau Puskesmas terdekat agar melakukan fogging, dan pemberantasan jentik nyamuk di desa kami. Perlu juga warga kerja Bakti bersama,” pungkasnya.

Sangadi juga berpesan agar setiap warganya yang berpergian keluar daerah, agar selalu menjaga kesehatan dan jaga jarak.

“COVID,19 masih ada, jadi bagi warga yang keluar daerah atau urusan ke mana saja, harus tetap pakai masker dan jaga jarak, jaga kesehatan kita, hidup sehat sangat berarti,” tegas Sangadi Bai.

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar