DPRD Bolsel Gelar Pembahasan RPJMD Perubahan Tahun 2021-2026

BOGANINEWS, BOLSEL- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Senin (03/10/2022) menggelar Pembahasan Rencana  Awal ( Ranwal) Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Perubahan (2022-2026) Kabupaten Bolsel yang bertempat di ruang Badan Musyawarha DPRD Bolsel.

Pembahasan Ranwal dipimpin langsung ketua DPRD Arifin Olii dan diikuti Anggota DPRD lainnya. Diantaranya Wakil Ketua Dra.Hartina Badu, Ketua Komisi I DPRD Fadly Tuliabu SH, Ketua Komisi II DPRD Zulkarnain Kamaru S.Ag, Anggota DPRD Sumitro Moha, Petrus Keni, Jems Lontoh, Sunardi Kadullah.

Pembahasan Ranwal RPJMD Perubahan tersebut dibahasa DPRD Bolsel bersama Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Bolsel.

Dalam pembahasan tersebut, Ketua Dewan Arifin menanggapi beberapa poin terkait draft perubahan RPJMD yang dipaparkan pihak Bapelitbangda terkait angka kemiskinan yang rendah. “Terkait angka kemiskinan di Bolsel memang dari jumlah presentasi cukup tinggi, akan tetapi dari kuantitasnya relatif rendah, untuk itu perlu data yang valid,” Kata Arifin

Sebagai Ketua DPRD Arifin Olii berharap kepada dinas terkait untuk menyatukan persepsi Mengani satu data, agar data yang valid bisa menjadi rujukan suatu kebijakan yang terarah.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Zulkarnain Kamaru S.Ag, mengatakan singkronisasi data kemiskinan yang ada di Organisasi perangkat daerah sangat penting. “Jangan ada tumpang tindih atau bantuan yang tidak tepat sasaran, selain itu, harus ada persamaan persepsi terkait indikator keluarga miskin,begitu pun dari desa,” kata Zulkarnain.

Zulkarnain juga berharap angka kemiskinan yang ada di Bolsel akan turun serendah mungkin ditahun depan. “Terkait persoalan angka kemiskinan memang selau menjadi topik hangat dikalangan masyarakat kita, maka dari itu saya berharap kita bisa berupaya ke depan angka kemiskinan bisa turun serendah mungkin”, Harapnya.

Diketahui, pembahasan RPJMD ini diikuti Plt Kepala Bappelitbangda Kadek Wijayanto SH, Sekretaris Bappelitbangda James Lumankun, Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Eus Daud SH, Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Sekretariat DPRD Bolsel Fice Nur S.Pi,M.Si. dan sejumlah Staf Bappelitbangda Bolsel. (ADVETORIAL)

Komentar