TP-PKK Boltim Ikuti 5 Ketegori Lomba Tingkat Provinsi Sulut

BOGANINEWS, BOLTIM – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan mengikuti lomba TP-PKK tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), untuk lima kategori dengan lokus di lima Desa.

Ketua TP-PKK Boltim Ny. Seska Ervina Mamonto Budiman, S.Sos, Selasa (13/9/2022) mengatakan ada beberapa lomba tingkat provinsi Sulut yang kita ikuti.

“Yakni lomba Pola Asuh Anak dan Remaja Di Era Digitalisasi (PAAREDI) di Desa Kotabunan Selatan, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Desa Liberia Timur, Penanganan Stunting dan Pola Hidup Bersih Sehat di Desa Bulawan Dua, Aku Hatinya PKK dan Pemanfaatan Pekarangan di Desa Bukaka dan terakhir adalah lomba Tata Kelola Administrasi PKK di Desa Bangunan Wuwuk,” ujarnya.

Dimana direncanakan hari ini, Selasa, 13 Agustus 2022, akan dilakukan penilaian langsung oleh TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara, di Desa yang menjadi lokus kegiatan lomba.

Untuk persiapan lomba, sebelumnya telah dilakukan pematangan di lapangan yang ditinjau langsung oleh ketua Ny. Seska Ervina Budiman bersama pengurus TP-PKK Boltim, memberikan pembekalan, evaluasi kesiapan kepada TP-PKK di masing-masing Desa, termasuk melihat secara langsung proses pengambilan video kegiatan kategori yang akan dilombakan.

Ketua TP-PKK, Ny. Seska Ervina Budiman, yang juga isteri Bupati Bolaang Mongondow Timur, saat peninjauan menyampaikan, ada lima kategori yang akan diikutsertakan.

“Salah satu kategori lomba UP2K yakni pengelolaan kopi Boltim (Modayag) sebagai komoditi unggulan yang bisa menjadi usaha peningkatan pendapatan keluarga, dimulai dari penanaman tanaman baru, panen, pengolahan biji sampai dengan pengemasan untuk dipasarkan sebagai produk Boltim. Kopi ini menjadi juga icon kebanggaan Boltim.

Begitu juga untuk kategori penanganan stunting, pemanfaatan pekarangan, pola asuh anak dan remaja di era digital dan tata kelola administrasi PKK, semuanya (Desa) telah mempersiapkan apa yang menjadi objek penilaian. Mudah-mudahan kelima kategori yang dilombakan akan menjadi yang terbaik,” ucap Ketua TP-PKK Boltim.

Rangkaian persiapan dan pelaksanaan lomba, dimulai pada tanggal 5 sampai dengan 13 Agustus 2022, sekaligus kunjungan dari pengurus TP-PKK Provinsi Sulut di Boltim.


Reporter Agung Mokodompit

Komentar