Tingkatkan Kualitas dan Mutu Pendidikan Dikbud Boltim Lakukan ANBK Disetiap Sekolah

BOGANINEWS, BOLTIM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), lakukan monitoring dan pengawasan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau (ANBK) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kabupaten Boltim.

Kepala Dinas Pendidikan Boltim Yusril Damopolii Senin (19/9/2022), mengatakan

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK merupakan salah satu program evaluasi yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud RI), guna meningkatkan kualitas pendidikan Nasional.

“Evaluasi melalui ANBK dapat mengukur pendidikan baik dari aspek input, proses hingga output pembelajaran di sekolah. Untuk sekarang jadwal tingkat SMP, sedangkan ANBK Sekolah Dasar (SD) berikut bulan depan November,” ujarnya.

Menurutnya akan ada tiga instrumen yang digunakan untuk mengukur di ANBK 2022. “Instrumen tersebut meliputi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar,” terangnya.

Dijelaskannya ANBK sendiri adalah sebuah tahapan dalam rangka monitoring dan evaluasi terhadap kualitas pendidikan di setiap satuan pendidikan, yang selanjutnya akan menggambarkan kualitas pendidikan yang ada di setiap daerah.

“Olehnya sangat diharapkan agar setiap sekolah benar benar mempersiapkan dan melaksanakan asesmen semaksimal, dan sejujur mungkin, agar akan mampu mengukur secara objektif terhadap kualitas pendidikan, baik dari aspek literasi, numerasi serta daya dukung lingkungan terhadap pelaksanaan pendidikan yang ada di setiap sekolah.

Untuk selanjutnya hasil asesmen ini akan tergambar pada raport pendidikan, dan jadikan raport pendidikan ini sebagai indikator dalam perencanaan kepala sekolah dan seluruh komponen untuk menentukan arah dan kebijakan pendidikan pada tahun selanjutnya,” jelas Kadis Pendidikan Boltim,. Yusril Damopolii.

Diketahui Pelaksanaan rangkaian ANBK 2022 jenjang SMP, SMA, dan SMK telah dimulai sejak 29 Juli 2022, diawali dengan sinkronasi simulasi gelombang 1.

Menurut jadwal, pelaksanaan Asesmen Nasional untuk jenjang SMP sederajat akan selesai pada 25 September 2022, yaitu ditutup dengan pelaksanaan ANBK 2022 paket B. Kemudian untuk jenjang SMA dan SMK sederajat berakhir pada 4 September 2022. Kegiatan simulaasi gelombang 1 dan 2 akan dilaksanakan di bulan Agustus 2022.

 

Reporter: Agung Mokodompit.

Komentar