oleh

Menjamin Keselamatan Konstruksi, DPUPR Gelar Bimtek SMKK Tahun 2022

BOGANINEWS, BOLMUT – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bolaang Momgondow Utara (Bolmut), bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) Tahun 2022.

Kepala DPUPR Bolmut Rudini Masuara, Selasa (27/9/2022) mengatakan, Bimtek ini untuk menjamin keselamatan para pekerja jasa konstruksi. Pelaksanaan kegiatan ini selama lima hari terhitung sejak tanggal 26-30 September 2022 di Hotel Aston Manado, serta diikuti sebanyak 61 peserta yang terdiri dari penyedia jasa dan ASN.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, kemampuan, tanggung jawab dan wewenang, serta mendukung terlaksananya keteknikan konstruksi kepada penyedia jasa dan ASN dalam pekerjaan konstruksi. SMKK merupakan bagian yang tidak terpisah dari sistem perlindungan tenaga kerja, agar dapat menghindarkan diri dari risiko kerugian moral ataupun material, kehilangan jam kerja, maupun keselamatan manusia dan lingkungan, sebagaimana diamanatkan dalam PU Nomor 21/PRT/M/2021 tentang Pedoman Pelaksanaan SMKK,” terang Rudini.

Lanjutnya, PUPR serius dalam mewujudkan sistem manajemen keselamatan konstruksi dan memberikan pemahaman dan pengetahuan, cara mengelola infrastruktur instrumentasi kerja dan lain-lain sampai kepada pemanfaatan infrastruktur terbangun.

“Melalui Bimtek ini, dapat menghasilkan berbagai manfaat bagi kepentingan dan kemajuan, serta kelancaran kegiatan jasa konstruksi yang sangat penting dalam pembangunan di daerah kita. Sehingga dapat memberikan keamanan, kesehatan dan keselamatan kerja dan pada akhir konstruksi yang dihasilkan dapat berkelanjutan,” jelasnya.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar