oleh

Sultan Ternate Bakal Kunjungi Kabupaten Boltim

BOGANINEWS BOLTIM – Sultan Ternate Hidayatullah Sjah bakal mengunjungi Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tepatnya di Desa Matabulu, Kecamatan Nuangan, pada hari Kamis (04/08/2022) pekan ini.

Rencana kedatangan, Sultan Ternate tersebut, seperti ungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Boltim, Khaeruddin Mamonto, Selasa (2/8/2022)

Dikatakannya, berdasarkan agenda rombongan kesultanan Ternate, itu akan tiba di Bandara Sam Ratulangi, pada Rabu (03/08/2022).

“Rencananya pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim akan melaksanakan penjemputan di Bandara menuju Rumah dinas Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto.

Persiapan penjemputan oleh Pemkab Boltim dan masyarakat di Matabulu sudah dimatangkan. Rombongan kesultanan akan dijemput di bandara menuju Rumah dinas Bupati di Tutuyan II, guna bermalam di kediaman Bupati Boltim,” beber Khaeruddin.

Lanjutnya, keesokan harinya Kamis akan dilangsungkan upacara penyambutan kepada Sultan beserta rombongan.

Penyambutan akan dilakukan oleh Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto di Rudis dan kantor bupati, yang kemudian dilanjutkan untuk menuju Desa Matabulu Kecamatan Nuangan.

“Sultan dan rombongan, nantinya akan menginap di rumah dinas Pak Bupati di desa Tutuyan II. Sebelum menuju ke Desa Matabulu, Sultan Ternate dan rombongan akan dijemput juga di Kantor Bupati. Nanti setelahnya baru menuju Matabulu bersama Bupati dan rombongan,” jelasnya.

Lanjutnya, kedatangan Sultan yang dinobatkan sebagai Sultan Ternate ke-49 ini, dalam rangka bertemu langsung dengan warga etnis Maluku Utara yang sudah menjadi penduduk Boltim di Desa Matabulu.

“Sultan juga akan melaksanakan pengukuhan perangkat adat kesultanan di Kabupaten Boltim. Selain itu, Sultan Hidayatullah Sjah juga akan meresmikan lapangan sepak bola dan juga Masjid di Desa Matabulu. Peresmian tersebut nantinya di dampingi Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto,” kata Kadis Kominfo.


Reporter: Agung Mokodompit

Komentar