oleh

Pemdes Loyow Gelar Musyawarah RKPDes Tahun 2023

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes) Loyow Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kamis (11/8/2022) menggelar musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa, (RKPDes) tahun 2023.

Menurut Kepala Desa Loyow Tarji Mokoagow, rapat musyawarah desa telah membahas Rencana Kerja Pemerintah Desa, (RKPDes) tahun 2022, dalam rangka tahapan pelaksanaan program kegiatan tahun 2023.

“RKPDes tahun 2022, dalam rangka tahapan pelaksanaan program kegiatan tahun 2023, yang merupakan penjabaran dari RPJM Desa (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) untuk jangka waktu satu tahun anggaran,” jelas Tarji.

Sebelumnya kata Sangadi Loyow, pihaknya sudah membahas APBDes Perubahan dan dananya di geser ke kegiatan yang lebih prioritas.

“Ada beberapa kegiatan yang di geser ke program kegiatan yang menjadi skala prioritas kami di desa. Nah, semua di bahas saat APBDes Perubahan dan dananya di geser ke kegiatan yang lebih prioritas,” kata Tarji.

Dijelaskannya, perubahan APBDes tahun anggaran 2022 dilakukan karena untuk memenuhi prioritas dana desa sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) tentang besaran alokasi dana desa minimal 40 peraen untuk BLT, 20 persen untuk ketahanan pangan dan 8 persen untuk penanggulangan Covid-19. “Penetapan APBDes tahun anggaran 2022, masih menggunakan pagu dana desa tahun sebelumnya,” aku Tarji.

 

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar