oleh

Limi Mokodompit Rapat Kerja Bersama Ribuan Guru TK, SD dan SMP se Kabupaten Bolmong

BOGANINEWS, BOLMONG Pj Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Limi Mokodompit, rapat kerja bersama ribuan guru TK, SD dan SMP se Bolmong, Senin (29/8/2022).

Dengan mengangkat tema ‘Literasi Mengajar Menuju Bolaang Mongondow Lebih Hebat’, rapat kerja tersebut digelar di gedung Bagas Raya Yadika, Desa Kopandakan II.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bolmong mengatakan, kegiatan ini selain ajang untuk silaturahmi sekaligus mensinergikan berbagai informasi perkembangan pembangunan di bidang pendidikan serta membangun kesamaan pandangan terhadap berbagai kebijakan bidang pendidikan dan bagaimana implementasinya.

Dengan melihat jumlah guru saat ini, Limi yakin IPM Bolmong akan meningkat dari peringkat dua di Bolaang Mongondow Raya akan naik ke peringkat satu kedepan nanti.

Tak hanya itu, guna mendukung Pendidikan, Pemerintah Bolmong hingga saat ini terus berupaya membuat kebijakan untuk memajukan pembangunan di bidang pendidikan, seperti mengalokasikan anggaran sebesar 20 persen dari total APBD untuk pendidikan, peningkatan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan, penyaluran DAK bidang pendidikan, BOS, hingga peningkatan kesejahteraan guru.

“Dengan alokasi anggaran 20 persen dari APBD ini Pemda juga dituntut untuk mencapai salah satu indikator keberhasilan sebagaimana tertuang dalam indikator utama, yaitu indeks pendidikan, karena menjadi salah satu elemen penting dalam indeks pembngunan manusia,” jelas Limi.

Limi juga mengajak agar para guru benar benar berkonsentrasi untuk memajukan satuan pendidikan sekaligus menjadi agen perubahan yang mampu menggerakkan dan mengoptimalkan segenap sumber daya yang dimiliki, untuk mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan berkualitas.

Selain itu, kepada para Kepsek Limi juga meminta agar bisa berkolaborasi dengan para guru sebagai tim kerja, dengan menekankan enam poin diantaranya, membuat program sekolah, pengorganisasian sekolah, menjalin komunikasi, menata kepegawaian sekolah dan mengatur pembiayaan sekolah.

“Saya juga meminta agar para Kepsek memberikan kesempatan kepada para guru dan tenaga pendidik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi serta memberi kesempatan dan mengusulkan para guru untuk mengikuti sertifikasi jabatan guru profesional,” ujar Limi.

Tak hanya demikian, Limi juga berpesan kepada para guru agar jangan bermalas-malasan untuk mendidik dan mengajar. Karena menurutnya itu memang sudah tugas utama guru.

“Jangan malas, apa terlebih guru yang sudah mendapat tunjangan sertifikasi dan tunjangan kepada guru-guru di desa terpencil. Ingat tunjangan itu sudah diterima dan harus diikuti dengan kewajiban mendidik dan mengajar,” kata Limi.

Pada pertemuan tersebut Limi berharap agar bisa menjadi solusi yang baik dan mampu menjawab dan menyelesaikan permasalahan yang ada dalam bidang pendidikan termasuk pembangunan prasarana dan sarana pendidikan, pelaksanaan ujian nasional serta mengevaluasi berbagai hasil pembangunan bidang pendidikan untuk dijadikan bahan perencanaan pembangunan dan menghasilkan siswa siswi yang kompeten dan dapat diandalkan.

“Mari kita sama-sama bekerja dan bekerjasama untuk memajukan pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Bolmong guna mewujudkan masyarakat yang semakin maju, modern dan sejahtera,” harap Limi.

Tak lupa pula Limi Mokodompit meminta doa dan dukungan selama ia menjalankan tugasnya sebagai Pj Bupati Kabupaten Bolmong.

Kegiatan itu dihadiri oleh Staf Khusus Gubernur Sulut Firasat Mokodompit, Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang, para pimpinan OPD Lingkup Pemkab Bolmong, Kepala Sekolah dan tenaga pendidik TK, SD, SMP se BMR. (Advertorial)

Komentar