Dinas PUPR Bolmut Genjot Serapan Anggaran

BOGANINEWS, BOLMUT Serapan Anggaran Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), saat ini sudah capai 16 persen. Serapan anggaran ini masih akan terus di pacu.

Menurut Kepala Dinas PUPR Bolmut, Rudini Masuara, pekan lalu realisasi capaian serapan anggaran baru pada 9 persen.

Hal ini bukan diakibatkan keterlambatan, tapi banyak faktor diantaranya, perubahan Standar Satuan Harga (SSH), Perubahan Pajak, Peraturan Lembaga Nomor 12 Tahun 2021 dan ternyata harus pada dokumen Rencana Keselamatan Konstruksi (RKKA) yang harus di siapkan oleh Dinas PUPR.

“Sebelum masuk di Kelompok Kerja (Pokja) akan di review pihak Inspoktorat, setelah itu baru akan dibawah di bagian Barang Jasa. Jadi proses tahapanya panjang dan bukan diperhambat. Alhamdulilah saat ini serapan anggaran untuk Dinas PUPR sudah naik 16 peraen. Kami akan terus mengencot sehingga akan sesuai target, serta akan tetap menjunjung tinggi proses adimistrasi. Pada prinsipnya saya optimis serapan anggaran akan sesuai target,” aku Rudini.

Terpisah, Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Sartono Dotingulo mengatakan, pihak Komisi III DPRD Bolmut telah melakukan Rapat kerja bersama Dinas PUPR, dan diharapkan serapan anggaran dapat terus ditingkatkan.

“Pelaksanaan program di Dinas PUPR dapat terus digenjot, agar kemudian dapat meningkatkan serapan anggaran. Kami berharap Dinas PUPR tetap mengupayakan peningkatan serapan anggaran, tapi harus mengutamakan kualitas pekerjaan,” pinta Sartono.

Reporter: Indrawan Laupu

Komentar