Realisasi PAD Kotamobagu Sentuh Angka 41,9 Persen

Relaksasi PBB
Sugiarto Yunus

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU-Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Kotambagu, tercatat hingga bulan Juli 2022, sudah mencapai Rp14 miliar atau 41,9 persen.
Capaian tersebut kata Kepala DPKAD Kota Kotamobagu, Sugiarto Yunus, hanya dihitung berdasarkan penetapan target PAD Kota Kotamobagu sebesar Rp34 Miliar untuk tahun 2022 di luar Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). “Hingga bulan Juli 2022 yang terealisasi sebesar 41,9 persen atau Rp14 miliar,” kata Sugiarto melalui telepon kepada Bolmong.News.
Sugiarto menjelaskan, sebelumnya target awal PAD Kotamobagu sebesar Rp90 miliar.“Namun, karena adanya perubahan kelembagaan RSUD jadi BLUD, secara otomatis ada dana yang diakui sebagai PAD tidak lagi diakui sebagai PAD sekarang ini. Tetapi sudah masuk di pendapatan daerah lain-lain,” ujarnya.
“Pencatatan PAD yang rill itu tinggal Rp34 miliar. Namun jika ditambah dari BLUD tetap menjadi Rp90 miliar,” tambah Sugiarto.
Secara keseluruhan, terang Sugiarto, jika di jumlahkan dengan pendapatan dari BLUD capaiannya hingga saat ini sudah Rp36 miliar. “PAD ini diperoleh dari 26 jenis termasuk restoran dan hotel. Nah, berdasarkan penetapan PAD, paling besar itu dari penerangan jalan dan Pajak Bumi dan Bangun,” katanya. (tr1)

 

Komentar