Peringati HUT Kabupaten, KNPI Boltim Sukses Gelar Dua Lomba Permainan Tradisional

BOGANINEWS, BOLTIM – Komite Nasional Indonesia (KNPI) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Senin (18/7/2022) sukses menggelar kegiatan lomba permainan tradisional yang dibuka Sekda Boltim Sonny Warokka, bertempat di kantor Bupati.

Dua jenis permainan tradisional yang dilombakan tersebut masing-masing lomba Langkadan (engkrang) dan Paki’ (gasing). Selain itu, ada juga lomba mencukur kelapa. Sementara para peserta lomba adalah utusan SKPD dan desa-deaa se-Boltim.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, melalui Sekda Sonny Warokka, dalam sambutannya mengatakan, peran pemuda KNPI telah membangkitkan lagi permainan tradisional Mongondow yang sekarang ini sudah langkah, bahkan tidak diketahui anak-anak sekarang, karena adany kecanggihan teknologi permainan modern.

“Untuk itu kita akan kembangkan dan dorong permainan tradisional Mongondow. Ini akan jadi modal pendapatan juga sebagai daya tarik wisata di Boltim. Bahkan kedepannya kita akan perkenalkan pagelaran permainan ini, sampai ke tingkat provinsi ke iven lebih besar lagi, agar tradisi juga budaya kita tidak akan terlupakan,” jelas Sekda.

Dikatakannya lagi, para pemuda telah memiliki ide yang unik dalam menyambut HUT Kabupaten Boltim yang ke-14 Tahun. “Kami Selaku pemerintah, berterima kasih kepada KNPI Boltim, peserta dan seluruh masyarakat Boltim yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mari kita meriahkan HUT Boltim ke-14 dengan Kabela Fest,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Boltim terpilih, Moh. Izra Haliantara Mamonto mengatakan, lomba tersebut diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan HUT ke-14 Boltim yang diperingati pada 21 Juli 2022 nanti. Suksesnya acara ini berkat dorongan dan dukungan teman-teman pemuda, juga Pemda Boltim

“Terima kasih kepada semua SKPD dan desa yang sudah ikut berpartisipasi. Terima kasih juga kepada Pemda Boltim atas supportnya sehingga kegiatan ini bisa terselenggara dan berjalan lancar sesuai yang kita harapkan bersama,” kata Icat panggilan akrabnya.

Icat juga mengatakan, dua jenis permainan tradisional itu dipilih KNPI untuk dilombakan sebagai bagian dari upaya mengingatkan kembali kepada masyarakat, bahwa bertahun-tahun yang lalu banyak jenis permainan yang tak kalah seru dibanding permainan yang digandrungi generasi saat ini. “Kedepannya kita akan gelar kembali kegiatan seperti ini dengan lebih meriah lagi,” akunya.

 

Pemenang Lomba Permainan Tradisional

Lomba Langkadan:

  1. Juara I Desa Molobog Barat

  2. Juara II Desa Purworejo Tengah

  3. Juara III Desa Tutuyan III

 

 

Lomba Paki’

 

  1. Juara I Puskesmas Nuangan

  2. Juara II Desa Bai’ B

  3. Juara III Desa Bai’ A

 

Di lomba Mokayug Bango’

  1. Juara I Desa Tangaton

  2. Juara II Desa Motongkad Utara

  3. Juara III Desa Bai’

Sumber : Panitia Pelaksana.



Reporter Agung Mokodompit

Komentar