Objek Wisata Boltim akan Go Internasional

BOGANINEWS, BOLTIM – Upaya yang dilakukan Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, dalam mempromosikan sektor pariwisata mulai menunjukkan hasil menggembirakan.

Sektor pariwisata merupakan produk andalan di Boltim, sehingga hal itu membuat Guru Besar Fakultasi Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, melakukan pertemuan langsung dengan Bupati Boltim, di ruang kerjanya, Rabu (6/7/2022) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, ada yang menarik perhatian, karena Unsrat Manado ikut mengundang Bupati Boltim untuk menghadiri kegiatan Internasional Symposium Journal Anthropology Of Indonesia (ISJAI) yang rencananya akan digelar 2-5 Agustus 2022.

“Tujuan kami kesini selain silaturahmi juga mengundang langsung pak Bupati Boltim untuk menghadiri kegiatan ISJAI yang akan dipusatkan di gedung Fisip Unsrat,” aku Ketua Panitia ISJAI DR Maria Heny PRA TIK NJO MA.

Tak hanya undangan, kata Maria Heny Bahkan, pariwisata Boltim bakal dipromosikan pada kegiatan tersebut.

“Kegiatan ISJAI itu akan dihadiri oleh pembicara dari 12 Negara yang ikut terlibat langsung dalam acara ini. Jadi wisata Boltim akan kami promosikan mewakili Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan ini juga bentuk kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI),” bebernya.

Sementara itu, Ketua Senat Fisip Unsrat, Prof. DR. Drs Wiliam Areros MSi mengatakan, Pariwisata Boltim dipilih dikarenakan wisata Boltim itu sangat menarik, terutama wisata bawah lautnya.

“Sulawesi Utara selain mempunyai wisata laut yang indah di Bunaken, sekarang kita memiliki lagi wisata laut di Kabupaten Boltim. Selain ikut promosikan wisata, kita juga akan mengajak para tamu dari 12 Negara ini untuk menyelam di bawah laut Boltim bersama dengan Bupati. Pada prinsipnya kita ajak mereka untuk menyelam dan melihat langsung keindahan bawah laut Boltim,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto merasa kaget dan bangga atas kedatangan keempat tamu yang juga guru dosenya waktu kuliah S2 di Unsrat.

“Mereka adalah guru saya dosen di Unsrat waktu saya kuliah. Tentunya saya berbangga dan berterimakasih atas kunjungan juga undangan mereka sebagai pembicara mempromosikan wisata Boltim di kegiatan ISJAI yang bakal dihadiri oleh 12 negara,” ucap Sachrul.

Terkait undangan itu, Kepala Dinas Pariwasata Boltim, Eko Marsidi mengaku sangat berbangga.

“Ini merupakan kesempatan dan peluang mempromosikan wisata Boltim ke tamu-tamu mancanegara. Bahkan Pemkab Boltim berharap, setelah para tamu dari mancanegara tersebut melihat wisata Boltim, meraka juga bisa menyampaikan informasi ini lebih luas ke Negara mereka masing-masing. Harapannya, meraka juga akan ikut mempromosikan wisata kita di Negaranya masing-masing,” jelas Kadis pariwisata Boltim.

 

Reporter Agung Mokodompit.

Komentar