Jelang Idul Adha Pemkab Boltim Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Kesehatan Ternak

BOGANINEWS, BOLTIM – Jelang lebaran Idul Adha 1443 Hijrah, Pemkab Boltim melalui Dinas Pertanian dan Perternakan (Dispernak), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), turun langsung ke lapangan guna melakukan pemeriksaan kelayakan hewan ternak seperti Sapi dan Kambing untuk dijadikan qurban.

Kepala Dispernak Boltim Mat Sunardi mengatakan, dalam menghadapi Idul Adha dilakukan persiapan untuk pengumpulan hewan qurban di semua kecamatan.

“Kami turunkan tim bidang peternakan bersama Puskeswan, untuk melakukan pemeriksa ternak pada Selasa 5 Juli 2022 pekan lalu. Sedangkan untuk ternak persiapan qurban, akan dilakukan sentra peternakan kepada para pedangan pengumpul ternak yaitu di mulai dari Kecamatan Modayag, dan Modayag Barat. Saat ini perkembangan sapi-sapi unggul di wilayah ini sudah lebih baik,” jelas Sunardi.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan melakukan rapat sosial kepada para Peternak tentang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan dilakukan identifikasi di wilayah tersebut.

“Kami juga mensosialisasikan kepada peternak tentang pencegahan penyakit PMK pada ternak rumanansia yang sekarang ini menyerang ternak di Jawa dan Aceh, juga dilalukan identifikasi di wilayah,” terangnya.

Sebelumnya, Pemkab Boltim dapat sumbangan sapi untuk dijadikan qurban, bentuk dari program CSR bantuan sapi qurban. Untuk Pemda Boltim sendiri secara keseluruhan ada empat ekor sapi. “Untuk Pemkab satu ekor, dan tiga ekor akan kami distribusikan di tiga kecamatan. Masing-masing Kecamatan Modayag, Nuangan dan Motongkad,” terangnya.



Reporter Agung Mokodompit

Komentar