Desa Bai Sabet Juara II dan III di Lomba Permainan Tradisional

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Desa (Pemdes), Bai Kecamatan Nuangan, rebut juara dua dan tiga, pada lomba permainan tradisional Mongondow yang diselenggarakan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Boltim, pada Senin (19/7/2022) kemarin. Kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupetan Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang ke-14 Tahun.

Adapun kegiatan permainan tradisional yang dilombakan yakni, Langkadan (Engkrang) dan Paki’ (Gasing). Selain itu, ada juga lomba Mokayug Bango’ (mencukur kelapa), yang diikuti oleh ratusan peserta utusan dari SKPD dan desa-deaa se-Boltim.

Sangadi Desa Bai, Hamdi Lamaluta menuturkan, desannya mengikuti tiga lomba sekaligus, dan berkat kegigihan latihan juga persiapannya, pesertanya meraih juara dua dan tiga.

“Alhamdulillah kami meraih juara dua dan tiga di lomba permainan tradisional yang diselenggarakan KNPI Boltim, yakni Paki’juara dua dan Mokayug Bango’ juara tiga. Itu semua sangat memuaskan,” aku Sangadi Bai.

Dikatakannya, bukan hadiahnya yang di kejar, tapi nama juara dan kemeriahan pesta HUT Boltim yang menjadi kebanggaan. Ini bagian dari partisipasi masyarakat untuk sama-sama memeriahkan HUT Boltim ke-14 tahun.

“Kehebohan dan ramainya juga mengingatkan kita pada zaman dahulu, saat kita masih anak-anak pernah bermain, permainan tradisional mongondow. Ini sangat uar biasa dan menarik. Terima kasih Pemda Boltim, juga KNPI yang telah membuat kegiatan seperti ini,” ucap Hamdi Lamaluta.

Berikut ini yang juara satu, dua dan tiga di lomba Langkadan juara I adalah utusan Desa Molobog Barat, juara II Desa Purworejo Tengah dan juara III Desa Tutuyan III.

Lomba Paki’, juara I adalah Puskesmas Nuangan, juara II Desa Bai’ B dan juara III Desa Bai’ A.

Di lomba Mokayug Bango’, juara I adalah Desa Tangaton, juara II Desa Motongkad Utara, dan juara III Desa Bai’.

 

Reporter Agung Mokodompit.

Komentar