oleh

Buka Pelatihan Pemasaran Pariwisata, Wawali Nayodo Ikut Promosikan Potensi UMKM Kotamobagu

Buka Pelatihan Pemasaran Pariwisata, Wawali Nayodo Ikut Promosikan Potensi UMKM Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU -Wakil Wali Kota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, membuka secara resmi kegiatan pelatihan pemasaran pariwisata bagi ASN Kotamobagu, Selasa, 12 Juli 2022.
Pembukaan pelatihan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan.
Kegiatan yang digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkot Kotamobagu berkerjasama dengan Dinas Pariwisata Sulawesi Utara tersebut, digelar di Hotel Sutanraja Kotamobagu.
Menurut Nayodo Kota Kotamobagu memiliki banyak destinasi wisata berupa cagar budaya yang dapat dieksplor.
Yakni, beberapa situs budaya yang unik, berupa warisan dari bekas kerajaan Bolmong sebelum bergabung dengan Republik Indonesia. “Di Kotamobagu banyak situs budaya yang bersejarah namun usang di makan waktu. Situs bersejarah itu rusak karena memang banyak yang terbuat dari kayu, sehingga rusak di makan waktu,” ucap Nayodo.
Nayodo mengatakan, SDM yang menangani kepariwisataan, yakni Disbudpar harus lebih kreatif dalam menarik wisatawan untuk berkunjung.
Sementara itu, Kepala Disbudpar Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, menjelaskan, kegiatan pelatihan tersebut akan berlangsung selama 3 hari. “Pesertanya terdiri dari Dispar Provinsi, Kepala Dinas Pariwisata se Sulut dan staf pendamping,” kata Mokoginta.
Narasumber kegiatan masing-masing Akademisi/ Tim Pansus Ripparprov Sulut Prof. Dr. Charles Ren Kesel, Staf Ahli Bupati Bolsel bidang pariwisata, Reinhard Garang, GM Angkasa pura I, Minggu Gandeguai) dan Kadis Pariwisata Provinsi Sulut, Henry Kaitjily,” kata Anki Mokoginta.
Anki berharap, dengan pelatihan ini seluruh ASN pelaku pariwisata bisa lebih pro aktif dan kreatif dalam pemasaran pariwisata di daerah masing-masing.
Dalam kegiatan tersebut berbagai produk unggulan UMKM Kota Kotamobagu juga turut ditampilkan. (tr1)

Komentar