Warga Purworedjo dan Liberia Bersiap Sambut Festival Budaya Jawa, Kampung Bersih

BOGANINEWS, BOLTIM – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Purworedjo dan Liberia yang ke-39 tahun, masyarakat kedua desa di Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), saat ini tengah mempersiapkan Festival Budaya Adat Jawa. Festival ini rencananya akan digelar pada 19 Juni 2022, yang di kemas dalam acara Bersih Desa, sekaligus memeriahkan jelang HUT Kabupaten Boltim yang ke-14 Tahun.

Kegiatan ini juga bertujuan melestarikan kearifan lokal, sekaligus mengali sejarah, juga mengembangkan potensi wisata budaya yang ada di Kabupaten Boltim.

Pantau media ini, Jumat (17/6/2022) masyarakat kedua desa ini, menghiasi jalan dan lapangan Arjuna dengan bendera serta umbul-umbul.

Mila dan ibu Sintia warga Purworedjo kepada BoganiNews.com mengatakan, acara ini adalah untuk selamatan ulang tahun dua desa, yakni Purworedjo Bersatu dan Liberia, yang sering di sebut Bersih Desa.

“Selamatan HUT kedua desa yang ke-39 tahun atau Bersih Desa, sebenarnya hari Sabtu. Namun perayaaanya nanti akan dilaksanakan hari Minggu, yang akan di buka langsung oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto,” ucapnya

Ia juga mengatakan, kegiatan ini sudah sering dilaksanakan setiap tahun. Hanya saja dua tahun terakhir sempat tertunda dikarenakan Pandemi Covid-19.

“Kegiatan Bersih Desa dirangkaikan dengan HUT Boltim. Pasti meriah dan banyak pagelaran budaya Jawa yang akan ditampilkan seperti karnaval, kirab budaya jawa, festival kuliner lawas, campursari dan keploan pangung seni budaya yang akan dilaksanakan di lapangan Arjuna Purworedjo,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, mengatakan, Bolaang Mongondow Timur merupakan daerah yang sangat kaya akan keragaman suku, adat istiadat, kepercayaan dan budayanya. Keberagaman tersebut tersatukan dengan simbol Negara Bhineka Tunggal Ika, yang memperteguh rakyat untuk bersama dan bersatu dalam keberagaman.

“Salah satunya adalah Budaya Jawa dan adat Jawa yang sudah ada di tanah Timur Totabuan sejak satu abad lalu. Maka dalam rangka mengali sejarah, melestarikan, dan mengembangkan potensi wisata budaya, maka mari kita bersama sukseskan festival kebudayaan jawa, yang di kemas dalam Bersih Desa Purworedjo Bersatu, dan Liberia Bersatu pada tanggal 19 Juni 2022 nanti,” ajak Bupati.

 

 

Agung Mokodompit.

Komentar