Pemkab Boltim Gelar Jalan Sehat, Zumba dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menindak lanjuti surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) Nomor 440/3238/Bangsa terkait pelaksanaan gerakan diteksi penyakit tidak menular, dalam rangka peringati hari Hipertensi sedunia dan bulan gerakan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM), juga Gerakan Masyarakat hidup sehat (Germas).

Melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Boltim, menggelar jalan sehat, zumba dan pemeriksaan kesehatan gratis, yang dipusatkan di lapangan Gogaluman, depan Kantor Dinkes Desa Tutuyan, Jum’at (10/6/2022) dengan tema “Cegah dan Kendalikan Hipertensi Untuk Hidup Sehat Lebih Lama’.

Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto melalui Sekretaris Daerah (Sekda), Sonny Warokka mengatakan, hidup sehat itu penting dan mahal. “Maka dari itu, dalam rangka bulan gerakan deteksi dini penyakit tidak menular dan gerakan masyarakat hidup sehat, ayo kita perbiasakan pola hidup sehat, makanan sehat dan lingkungan bersih,” jelas Sekda.

Lanjutnya, kegiatan ini juga untuk pencegahan dini dari penyakit, cegah dan kendalikan hipertensi untuk hidup sehat lebih lama. “Peran kita untuk hidup Germas, dan Pemkab Boltim terkhusus Dinas Kesehatan, selalu memberikan edukasi juga perhatian khusus agar kita bebas dari stunting, gizi buruk dan segala penyakit menular,” terangnya.

Ia juga membeberkan, bahwa tidak lama lagi Kabupaten Boltim akan masuk dalam kategori daerah ramah layak anak. “Kabar baik, nanti siang kita akan di nilai dari pusat dan propinsi terkait Kabupaten layak anak. Semoga Boltim bisa masuk kategori daerah ramah dan layak anak. Itu nilai plus bagi kita,” pungkasnya.

Di penghujung acara, seluruh tenaga Kesehatan (Nakes), pegawai negeri dan masyarakat sekitar melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis, yakni pemeriksaan mata, telinga, gula darah, dan kolesterol, sekaligus pemberian obat-obatan.

 

Penulis Agung.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar