KPU Boltim Ikuti Via Zoom Tahapan Pemilu Tahun 2024

BOGANINEWS, BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengikuti via zoom meeting dengan KPU RI untuk peluncuran tahapan Pemilu 2024, secara serentak di Jakarta. Kegiatan tersebut digelar Selasa (14/06/2022) malam di kantor KPU Boltim, Desa Tombolikat, Kecamatan Tutuyan.

Menurut Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Iroth, rangkaian tahapan pemilihan umum tahun 2024 yang sudah dimulai pada 14 Juni 2022.

“Tahapan Pemilu 2024 sudah kita mulai hari ini sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017. Kita masih menggunakan regulasi yang sama dengan Pemilu kali ini, karena belum ada perubahan Pemilu. Tahapannya ditarik 20 bulan dari hari pemilihan yaitu 14 Februari 2024. Jadi kalau kita tarik tanggal 14 Juni 2022 hari ini, maka dimulailah seluruh tahapan itu,” beber Jamal.

Ia pun menjelaskan, selama tahapan Pemilu digelar 20 bulan, KPU Boltim akan melewati beberapa rangkaian tahapan seperti pemutakhiran data, pemilih berkelanjutan, tahapan pendaftaran, verifikasi peserta pemilu, tahapan penetapan peserta pemilu, penetapan jumlah kursi dan penetapan Daerah Pemilihan (Dapil).

“Kita akan lewati bersama tahapan awal dengan melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang selama ini kita mengupdate bersama stake holder. Selanjutnya akan KPU lewati tahapan pencalonan, masa pencalonan, masa kampanye, masa tenang, kemudian pemungutan dan penghitungan suara, penetapan hasil pemilu, dan pengucapan sumpah dan janji Presiden terpilih dan juga anggota legislatif,” jelasnya.

“Jadi seperti itulah tahapan panjang yang akan kita lewati. Diantara itu juga kami secara internal ada tahapan sosialisasi dan rekrutmen badan adhock yang mungkin akan diatur dalam peraturan KPU selanjutnya,” tambahnya.

Dikatakannya lagi, pihak KPU juga berharap, dalam perjalanan tahapan Pemilu ini, semua yang hadir malam peluncuran tahapan Pemilu memiliki tekad dan tujuan yang sama untuk mensukseskan Pemilu 2024.

“Dengan peran kita masing masing, baik itu teman-teman penyelenggara, pihak keamanan, dan pimpinan partai politik, mari kita sama sama mensukseskan tahapan Pemilu 2024,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, dengan resmi membuka peluncuran tahapan penyelenggaran Pemilu 2024 ditandai dengan menekan sirine.

“Pada malam ini, tanggal 14 Juni 2022, kalau dihitung mulai dari 14 Februari 2024 hari pemungutan suara dihitung mundur, pada hari ini tepat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara. Dan sesuai mandat konstitusi, dan mandat Undang-undang, pada hari ini adalah hari dimulainya tahapan Pemilu tahun 2024,” katanya sembari menekan sirine peluncuran tahapan Pemilu 2024 dimulai.

Acara di kantor KPU Boltim berlangsung meriah dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Muhammad Jabir, Kapolres Boltim AKBP I Dewa Nyoman Agung Surya Negara, SIK., Ketua dan anggota Bawaslu, Harmoko Mando, Hariyanto, Ikal Salehe, bersama Korsek, Kesbangpol, Dinas Dukcapil dan pimpinan partai politik.

 

Agung Mokodompit.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar