oleh

Tingkatkan SDM, Boltim Siapkan 1000 Orang Kursus Bahasa Inggris

BOGANINEWS BOLTIM – Sebagai upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) tahun ini, maka Pemkab Boltim dapat kuota 1000 orang anak yang akan mengikuti kursus bahasa Inggris. Kursus ini dibiayai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Kursus ini juga merupakan program Kemendikbud Republik Indonesia (RI), yang di loby oleh Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, saat menyambangi beberapa Kementerian beberapa waktu lalu. Alhasil, Pemkab Boltim mendapatkan 1000 kuota yang akan di latih berbahasa Inggris oleh lembaga kursus HBL.

Bupati Boltim menjelaskan, anak-anak tersebut akan mendapatkan pendidikan berbahasa asing yang baik, dengan pemateri dari luar Negeri, meskipun kegiatan belajar akan dilakukan secara daring.

“Alhamdulillah, jika kursus bahasa Inggris terlaksana, kedepan nanti ada seribu anak di Boltim sudah bisa berbahasa Inggris dengan baik. Ketika ada wisatawan asing datang ke Boltim, sudah ada putra putri daerah yang aktif berbahasa Inggris,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Boltim, Yusril Damopolii, mengatakan, kursus bahasa Inggris ini sudah komunikasikan dengan lembaga terkait yakni HBL.

“Peserta sudah mendaftar di Goggle from. Adapun yang terdaftar manual sudah 1000 orang, dan meraka harus mendaftar lagi lewat Goggle from. Antusias masyarakat khususnya anak didik yang mendaftar sangat tinggi. Makanya saya minta ke pihak kursus HBL agar kuotanya lebih dari 1000 orang, sekedar usulan saja agar selain siswa, masyarakat lain juga bisa ikut,” kata Yusril, Kamis (12/5/2022).

Lanjutnya, waktu peserta yang akan mengikuti kursus ini selama satu tahun. “Peserta akan mengikuti kursus bahasa Inggris selama satu tahun, dengan cara online juga tidak di pungut biaya,” ungkapnya.

Untuk tehnis pelaksanaan kursus nanti kata Yusril, para peserta akan di bagi per kelas, dan nantinya akan ada mentor yang membimbingnya. “Para peserta tidak harus melengkapi diri dengan peralatan yang mahal, karena cukup dengan memiliki handphone Android saja sudah bisa mengikuti kursus gratis ini,” terangnya.

Ia juga berharap, para siswa bisa mengikuti program ini demi dunia pendidikan, dan ini bagian dari upaya pemerintah untuk menciptakan sumber daya manusia di daerah Boltim yang siap pakai. “Jika kursus sudah jalan, akan lahir putra putri daerah yang pintar berbahasa Inggris, sehingga selaras dengan visi misi Bupati dari sektor promosi pariwisata untuk menjemput para wisatawan asing,” jelasnya.

 

Reporter Agung

Komentar

BERITA LAINNYA