oleh

Tim Kredensialing BPJS Cabang Tondano Sambangi RSUD Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM – Tim kredensialing BPJS Cabang Tondano, Kamis (14/04/2022) sambangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Tim Kredensialing BPJS Cabang Tondano Sambangi RSUD Boltim
Tim Kredensialing BPJS Cabang Tondano Sambangi RSUD Boltim.

Kedatangan tim kredensialing BPJS Cabang Tondano ini, disambut Direktur RSUD Pratama Boltim, dr. Minarni Manoppo, M.Kes., didampingi Kepala Tata Usaha Ns. Rizal Dali, S.Kep, Kepala Seksi Pelayanan Medik dr. Roy Maramis, Kepala Seksi Penunjang Medis Ferawati Massie, S.Kep dan seluruh tenaga kesehatan di rumah sakit.

Menurut Direktur RSUD Pratama Boltim, kedatangan tim kredensialing BPJS Cabang Tondana ini, untuk melalukan uji kelayakan di RSUD Pratama Boltim. “Kunjungan tim ini untuk melalukan uji kelayakan di RSUD Pratama Bolaang Mongondow Timur,” jelasnya.

Diketahui, kredensialing atau uji kelayakan adalah proses penilaian terhadap pemenuhan persyaratan dan kelengkapan sarana prasarana yang telah ditentukan, serta komitmen fasilitas kesehatan yang akan bekerjasama dengan BPJS kesehatan.

Kredensialing merupakan suatu kegiatan dari BPJS Kesehatan untuk melakukan kualifikasi Fasyankes dengan peninjauan dan penyimpanan data-data Fasyankes, serta proses evaluasi untuk menyetujui atau menolak Fasyankes apakah dapat diikat dalam kerjasama dengan BPJS kesehatan yang penilaiannya didasarkan pada aspek administrasi dan teknis pelayanan. Kredensialing juga dilakukan untuk mengetahui kapasitas dan kualitas fasilitas kesehatan yang akan bekerjasama dengan BPJS, sehingga peserta dapat dilayani.

“Jadi kedatangan dari tim BPJS Kesehatan Cabang Tondano, untuk menilai kapasitas dan kualitas fasilitas kesehatan yang tersedia apakah layak untuk dilakukan perjanjian kerjasama,” jelas Minarni Manoppo.

Ia juga menjelaskan, RSUD Pratama Boltim nantinya akan bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dengan mempertimbangkan kecukupan antara jumlah fasilitas, dengan jumlah peserta yang harus dilayani, juga memperhatikan persyaratan yang harus dipenuhi oleh RSUD Pratama Boltim.

“Setelah selesai dilakukan uji kelayakan tadi, tim akan lakukan rekapitulasi hasil akhir yang kemudian disampaikan kepada kami, apakah bisa dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama atau tidak,” terangnya.

Dikatakannya lagi, untuk kriteria teknis kredensialing, terdapat empat aspek yakni Sumber Daya Manusia (SDM), kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan dan komitmen pelayanan.

“Kriteria tersebut untuk bahan penilaian dalam penetapan kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Setelah dilakukanya tahapan ini, kerjasama RSUD Pratama Boltim dengan BPJS Kesehatan segera di tandatangani, karena masih ada dokumen yang akan kami lengkapi guna keperluan hal tersebut,” paparnya.


Reporter Agung

Komentar

BERITA LAINNYA