SSM Presentasi Usulan Penyerahan HGU Lonsio di Kementerian ATR

BOGANINEWS, BOLTIM Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto (SSM), Selasa (12/4/2022) dihadapan Dirjen Kementerian Agraria Tata Ruang (ATR) melakukan presentasi pengalihan lahan Hak Guna Usaha (HGU) Lonsio Motongkad, untuk masyarakat, instansi pemerintah, serta pembangunan kantor instansi vertikal di Boltim.
Dalam presentasi yang berlangsung di aula Kementerian ATR di Jakarta, Bupati menyampaikan kiranya Kementerian ATR bisa menyerahkan HGU yang telah habis masa penyewaan tersebut ke Pemerintah Daerah, yang nantinya akan diperuntukan untuk masyarakat dan pembangunan beberapa fasilitas pemerintahan.
“Lahan HGU Lonsio telah habis masa penyewaan, karena itu bisa diserahkan ke Pemerintah Daerah untuk penyayatan kepada masyarakat dan untuk lokasi pembangunan fasilitas Pemerintah Daerah dan instansi vertikal yang ada di daerah,” jelas Bupati.
Sementara itu, anggota DPRD Boltim, Muhammad Jabir, juga mendukung penuh apa yang menjadi rencana Pemda Boltim.
“Apa yang menjadi usulan untuk penyerahan lahan HGU sudah melalui peninjauan ke lapangan dan itu sangat dibutuhkan untuk rencana Pemda kedepan,” terang Jabir.
Dirjen Penataan Agrari, Andi Tanrisau, usai mendengar penyampaian Bupati dan jajaran Pemda dan DPRD Boltim, memberikan apresiasi atas inisiatif Bupati dan segenap jajaran, juga DPRD Boltim, yang telah mengusulkan HGU Lonsio untuk kepentingan masyarakat dan kelanjutan pembangunan di Boltim.
“Ini merupakan hal yang sangat baik atas inisiatif pemerintah daerah, Bupati dan DPRD yang telah membuat usulan pelepasan lahan HGU Lonsio. Lahan ini berdasarkan data yang ada telah habis masa penyewaannya. Kementerian juga setelah mendengar apa yang disampaikan, mendukung dan secepatnya akan menyampaikan kepada Menteri untuk menandatangani apa yang menjadi usulan pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Satu sampai dua minggu kedepan hal ini akan diselesaikan,” akunya.
Lanjutnya, Negara menjamin kemakmuran rakyat atas penggunaan tanah dan air. “Tanah dan air dipergunakan seluas-luasnya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Sehingga ini merupakan hal yang sangat baik untuk menuju kemakmuran masyarakat,” terangnya.
Diketahui, hadir dalam presentasi tersebut, pimpinan dan anggota DPRD, Sekda Boltim, para asisten, Kadis PUPR dan Kadis Kominfo Boltim. Hadir pula Kepala Wilayah BPN Sulut, Kepala Kantor BPN Boltim. (Advertorial)

Komentar