oleh

Puluhan Desa di Boltim Siap Gelar Pemilihan BPD

BOGANINEWS, BOLTIM – Sebanyak 57 Desa yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan menggelar pemilihan anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) tahun ini.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Boltim, Hendra Tangel. Menurutnya, saat ini sudah masuk tahapan pemilihan BPD. “Sekarang telah memasuki masa pendaftaran bakal calon. Saat ini sudah dalam masa pendataan wajib pilih dalam musyarawah di masing-masing dusun,” kata Hendra, Kamis (7/4/2022).

Ia mengingatkan kepada seluruh bakal calon, harus memenuhi persyaratan administrasi, karena persyaratan tersebut sudah dipakai pada saat pengisian anggota BPD pada 2019 lalu. “Bagi Pemerintah Desa wajib proaktif, dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan BPD sebagai bagian dari tanggung jawab. Jika tidak dilaksanakan maka ada sanksi untuk pemerintah desa,” tegasnya

Ditambahkannya, sanksi tersebut sebagaimana ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 39 Tahun 2019. “Apabila Kepala Desa tidak melaksanakan pengisian anggota BPD, maka Bupati dapat mempertimbangkan pemberian Alokasi Dana Desa bagi desa yang bersangkutan,” jelasnya.

Komentar