Dua Desa di Kecamatan Nuangan Bakal Miliki Tower Jaringan Internet

BOGANINEW, BOLTIM – Harapan masyarakat desa Jiko Belanga dan Matabulu Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), untuk memiliki jaringan internet akan segera terwujud.

Pemkab Boltim, melalui dinas terkait yakni Diskominfo, DPTSP dan Pemerintah Kecamatan Nuangan, menyambut baik kedatangan PT. Protelindo/Indosat guna membahas kerja sama pemasangan tower jaringan internet di desa Jiko Belanga dan Matabulu Timur.

Kadis Kominfo Boltim, Khaeruddin Mamonto mengatakan, upaya pemerintah dalam Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai sektor dan tingkatan terus digenjot oleh Pemkab Boltim, termasuk mendorong pemerintah desa dalam mengembangkan website desa.

“Sebelum pembuatan Website desa, harus ada jaringan internet terlebih dahulu. Kemarin kita sudah ketemu dengan PT Protelindo/Indosat guna membahas kerja sama dan titik koordinat pemasangan tower jaringan internet, yakni di desa Jiko Belanga dan Matabulu Timur. Untuk kecamatan Motongkad sudah di pasang tower Telkomsel,” ujarnya.

Menurutnya, ini perlu diadakan karena dalam urusan administrasi, koordinasi informasi atau urusan pemerintahan perlu kemudahan pelayanan masyarakat, juga informasi Kepada masyarakat.

“Mengingat jarak pusat pemerintahan dan desa cukup jauh, makanya dalam era globalisasi perlu percepatan informasi untuk kemudahan pelayanan pada masyarakat,” terang Kadis Kominfo.

Dijelaskannya juga, keberadaan Website desa penting agar masyarakat bisa mengetahui rencana kerja, potensi wilayah serta keberhasilan program pembangunan oleh pemerintah hingga tingkat paling rendah. Hal ini juga tercantum dalam UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

“Untuk tahun ini Diskominfo akan memfasilitasi 80 Desa dalam pembuatan website resmi secara gratis dengan dukungan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD),” jelas Kaharuddin.

Senada yang dikatakan Camat Nuangan Haslinda Kadengkang, bahwah pihaknya telah menerima kedatangan PT. Protelindo/Indosat guna membahas pemasangan tower jaringan internet di dua desa di Kecamatan Nuangan.

“Iya, kemarin kita kedatangan tamu dari PT Protelindo) Indosat. Maksud kedatangan mereka pelaporan dan untuk kerja sama dalam pemasangan Tower Jaringan Internet di dua titik yakni Desa Jiko Belanga dan Matabulu Timur. Kita sudah koordinasi dengan dinas terkait, lokasinya sudah di survey oleh pihak mereka di Desa Matabulu Timur dan Jiko Belanga,” aku Haslinda.

 

Reporter Agung.

Komentar